Suasana kegiatan Rapat Pleno Terbuka KPU Keerom, Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Keerom, di Keerom, Rabu (31/7/2019). (Arif)

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Keerom menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Keerom, di Keerom, Rabu (31/7/2019) kemarin. Penetapan dilakukan menyusul telah dikeluarkannya keputusan MK tentang sengketa hasil pemilihan Caleg Anggota DPRD Keerom, belum lama ini.

Suasana kegiatan Rapat Pleno Terbuka KPU Keerom, Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Keerom, di Keerom, Rabu (31/7/2019). (Arif)

Ketua dan komisoner KPU Keerom memimpin kegiatan ini, yaitu Kornelis Watkaat (Ketua), Immawan Margono, Elfrende Solossa, Melianus Gobay dan Frengky Tiwe. Sementara dari tamu undangan, hadir Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, Kapolres Keerom, AKBP. Muji Windi Harto, dan tamu undangan lain dari Parpol, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, pada kesempatan tersebut mengemukakan apresiasinya, atas telah berhasil dilaksanakan Pemilu di Keerom hingga tahapan penetapan anggota DPRD Keerom. ‘’Saya sampaikan terimakasih kepada KPU, Bawaslu, TNI, Polri, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan sehingga berhasil digelarnya Pemilu tahun 2019 dengan baik di Kabupaten Keerom,’’ujarnya.

Sementara Kapolres Keerom, AKBP. Muji Windi Harto, SIK, mengemukakan bahwa pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Keerom telah berjalan baik.

‘’Saya mau sampaikan seperti ini, ternyata kita bisa, kenapa? Karena seperti kita tahu bahwa Pemilu kali ini adalah Pemilu yang berat bahkan dibeberapa tempat sampai penyelenggara baik KPPS maupun PPK sampai ada yang sakit bahkan meninggal dunia. Tapi di Keerom, syukur kita bisa laksanakan Pemilu kali ini dengan baik,’’terangnya.

Selain itu, ia mengharapkan agar Pemilu yang akan berjalan berikutnya juga bisa berjalan lancar. ‘’Berikutnya di depan kita ada Pemilukada serentak, tentunya kita harapkan bisa berjalan dengan baik. Maka saya harapkan kita bersama-sama untuk melaksanakan Pemilu tersebut berjalan dengan baik,’’lanjutnya.

Sedangkan Ketua KPU Keerom, Kornelis Watkaat menyampaikan bahwa rapat pleno penetapan anggota terpilih DPRD Keerom adalah tahap akhir dari rangkaian kegiatan Pemilu tahun 2019. ‘’Jadi rapat pleno kali ini adalah akhir dari semua tahapan Pemilu Tahun 2019. Ini merupakan hasil yang kita tetapkan calon legilatif terpilih di DPRD Keerom sebanyak 20 orang. Langkah selanjutnya akan kami usulkan ke Kemendagri melalui Bupati dan Gubernur,’’jelasnya.

Namun ia mengingatkan bahwa anggota terpilih melalui Parpol diwajibkan menyampaikan LHKPN kepada pemerintah melalui KPU Keerom. ‘’Hal ini harus dan wajib dilakukan kepada kami. Karena sesuai ketentuan apabila LHKPN ini tidak diserahkan maka anggota yang terpilih tersebut tidak akan dilantik,’’pungkasnya. (arief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here