Akhirnya Wakil Bupati Keerom Dilantik : Bupati Markum Akui Pelantikan Telah Sah

0
1305
Beberapa foto dari acara Pelantikan Wakil Bupati Keerom Sisa Masa Jabatan PeriodeTahun 2016—2021 oleh Gubernur Papua atas nama Mendagri di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa (30/7/2019). (Arif)

KEEROM (LINTAS  PAPUA) — Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP atas nama Mendagri akhirnya melantik Piter Gusbager, S.Hut, MUP sebagai Wakil Bupati Keerom Sisa Masa Jabatan PeriodeTahun 2016—2021, di Gedung Negara Dok V Jayapura pada Selasa (30/7/2019). Hal ini merupakan ‘air pelepas dahaga’ bagi warga Keerom khususnya yang kemarin datang dengan puluhan kendaraan untuk menyaksikan secara langsung proses pelantikan tersebut.

Beberapa foto dari acara Pelantikan Wakil Bupati Keerom Sisa Masa Jabatan PeriodeTahun 2016—2021 oleh Gubernur Papua atas nama Mendagri di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa (30/7/2019). (Arif)

Acara pelantikan itu sendiri berjalan lancar. Wakil Bupati Keerom tampak ‘sumringah’ pada acara tersebut. Hal ini wajar baginya dan pendukungnya karena upaya tak kenal lelah dari mereka untuk memperjuangkan kursi Wakil Bupati Keerom ini akhirnya berbuah manis dengan pelantikan tersebut.

Acara pelantikan yang dihadiri Forkompinda Keerom, jajaran pimpinan Provinsi Papua serta masyarakat dan tamu undangan, ini berjalan lancar dan khidmat. Didahului pembacaan SK Mendagri no 132.91-2826/2019 tentang pengangkatan Wakil Bupati Keerom, provinsi Papua oleh Mendagri, Tjahyo Kumolo.

Selanjutnya pengucapan janji jabatan, penandatangan berita acara pengucapan janji jabatan, pelantikan, serta pemasangan tanda jabatan Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe. Juga sambutan Gubernur Papua, dan ditutup ramah tamah serta foto bersama.

Dengan dilantiknya Piter Gusbager, kekosongan jabatan Wakil Bupati Keerom yang ditinggal Muh Markum untuk mengisi jabatan Bupati Keerom sejak awakl tahun ini akhirnya terisi. Gubernur Papua pada kesempatan sambutannya mengharapkan agar pengisian jabatan ini akan membuat roda pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan lebih lancar dan lebih baik lagi.

‘’Seperti kita tahu, pengisian jabatan Wakil Bupati Keerom kali ini melalui proses yang panjang dan tak mudah. Maka saya harapkan kehadiran wakil bupati Keerom ini sesuai tupoksinya adalah bersama dan mendampingi Bupati Keerom, untuk lebih menggerakkan lagi roda pemerintahan dan pembangunan di Keerom untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Keerom,’’ujarnya.

Tak lupa ia mengingatkan agar Bupati dan Wakil Bupati juga menjaga persatuan di Keerom. ‘’Rakyat Keerom adalah masyarakat yang majemuk dari berbagai suku bangsa di nusantara, maka ingat untuk terus jaga persatuan. Jaga Keerom dari kedatangan orang yang tak bertanggungjawab yang ingin memecah belah persatuan apalagi sampai membawa faham radikalisme. Saya juga ingatkan agar Wakil Bupati Keerom tidak melangkahi kewenangan Bupati Keerom. Bergandengan tanganlah bersama untuk membangun Keerom,’’pungkasnya.

Gubernur Papua,  Lukas Enembe, saat  melantik Piter Gusbager sebagai Wakil Bupati Keerom untuk sisa masa jabatan 2016 – 2021 menggantikan Muhammad Markum. Pelantikan di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, Selasa petang. (Erwin )

Sementara itu Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, pada kesempatan usai kegiatan kepada wartawan mengemukakan bahwa pelantikan Wakil Bupati Keerom, telah sah pada hari tersebut dan melalui proses dan peraturan perundangan yang berlaku.

‘’Pada hari ini tentunya kami di kabupaten Keerom sudah lengkap mudah-mudahan kedepan kami bisa bekerja bersama untuk mengawal proses pembangunan dan pemerintahan disisa masa jabatan tahun 2016-2021 ini,’’ujar Bupati yang juga Ketua Hiswana Migas Provinsi Papua ini.

Sementara itu pada kesempatan terpisah Wakil Bupati Keerom yang baru dilantik, Piter Gusbager, Shut, MUP, mengemukakan rasa syukur kepada Tuhan YME atas pelantikan tersebut. ‘’Pertama ini semua karena Tuhan yang telah menunjukkan kemuliaannya dan kekuasaannya yang maha besar untuk menyelesaikan persoalan kekosongan jabatan kursi Wakil Bupati Keerom sisa masa jabatan kali ini,’’jelasnya.

Ia juga menyampaikan pelantikan Wabup bukan sekadar persoalan Piter Gusbager dilantik. Namun itu adalah amanat UU.

‘’Dan ini adalah soal pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Keerom. Jadi saya percaya ini adalah sukacita yang besar bagi masy Keerom dan mas Papua. Ini harus kita syukuri. Dan syukur ini harus kita wujudkan melalui kerja-kerja nyata, saya sebagai Wabup, sebagai anak adat, saya memiliki tanggungjawab yang lebih besar untuk memastikan pelaksanaan pemerintahan di sisa waktu bisa menyentuh dan menghapus air mata masyarakat Keerom,’’ujarnya. (arief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here