Wakil Wali Kota Rustan Saru  Himbau Warga Jaga Kebersihan : Warga Gurabesi Bersihkan Lingkungan

0
231
Wakil Wali Kota Jayapura,  Ir. Rustan Saru mengatakan, dalam rangka menyambut hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 sekaligus juga dalam rangka hari kota sehat di Kota Jayapura. Maka hari ini kita diseluruh kota kita adakan kebersihan. Tampak saat foto bersama dengan Warga Kelurahan Gurabesi. (GM)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kebersihan harus di jaga dan dilakukan setiap saat bukan hanya ada setiap hari besar baru dibersihkan tetapi harus rutin disetiap hari.

Wakil Wali Kota Jayapura,  Ir. Rustan Saru mengatakan, dalam rangka menyambut hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 sekaligus juga dalam rangka hari kota sehat di Kota Jayapura. Maka hari ini kita diseluruh kota kita adakan kebersihan.

“Baik di Kelurahan Gurabesi kompleks klofkamp, termasuk dibeberapa kali seperti kali acai, anafri dan APO termasuk pemukiman dan sekolah-sekolah kita bersihkan,” ujar Wakil Walikota kepada media ini, di Jayapura, Sabtu pagi, (27/07/2019).

Wakil Wali Kota, Rustan Saru juga menghimbau, kepada semua warga masyarakat yang ada di Kota Jayapura bahwa bukan saja ada iven atau kegiatan baru lakukan kebersihan tapi ini bisa rutin di lakukan hari kita bersihkan.

“Ini menyangkut keindahan dan kerapihan khususnya di lingkungan kita. Apalagi Kota Jayapura sudah 6 kali meraih Piala Adipura ini harus terus kita jaga dan kembangkan agar Kota kita betul-betul menjadi kota yang representatif, yang betul-betul bisa meraih Adipura Kencana,” tuturnya.

Lanjut Wakil Walikota Rustan Saru dimana ini nanti kalau semua sudah rapih tertib termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) kita. Karena kita melihat PKL kita masih ada yang menjual di Trotoar ini juga perlu kita rapihkan agar termasuk menjaga dan menghormati pejalan kaki serya menjaga lingkungan yang tertib rapih dan aman nah itu harapan kita.

“Saya minta untuk seluruh warga kota haru punya kesadaran merubah perilaku selama ini yang kurang baik jadi baik dalam hal menata kota. Tidak membuang sampah sembarang di kali, got tapi membuang pada tempatnya agar untuk menjaga kesehatan kita,” imbuhnya.

Menurutnya harus menjaga kebersihan karena di kota sekarang muncuk penyakit seperti malaria, demam berdarah tifus karena itu kurangnya kebersihan. Kenapa got nya buntuh, kemudian kumuh?. “Jadi nyamuk, tikus, bisa bersarang ini sumber penyakit dan itu bisa menyebabkan menjadi sakit,” tukasnya.

Oleh sebab itu kalau Kota bersih, sehat dan rapi maka derajat kesehatan semakin meningkat tentu akan sejahtera juga. Karena tidak muda sakit, berobat ke puskesmas, jadi ada safety disitu untuk ekonomi bagi masyarkat kita.

Sementara itu,  Kepala Kelurahan Gurabesi,  Richard Nahumury memberikan apresiasi kepada semua warga masyarakat yang sudah turun membantu membersihkan lingkungan.

Seperti yang sudah disampaikan langsung oleh Bapak Wakil Walikota tadi bahwa ini dalam rangka HUT RI Ke-74 dan juga hari Kota sehat.

“Warga semua sangat menyambut baik dan memberikan dukungan sehingga kita bisa bekerja sama untuk membersihkan lingungan yang ada serta kali Anafri,” ungkap Kepala Kelurahan Gurabesi,  Richard Nahumury. (GM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here