Wali Kota Benhur Tomi Mano Akui Pendampingan KPK  Optimalkan PAD

0
115
Wali Kota BTM bersama para bupati saat melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman, PKS Bidang Pertanahan serta Implementasi Tax Online di bidang, di Swissbell Hotel, Jayapura, Kamis petang. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., memberikan apresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang belakangan rutin memberi pendampingan, melalui program rencana aksi program pemberantasan lorupsi terintegrasi kepada kabupaten dan kota di bumi cenderawasih.

Pendampingan itu dinilainya, bakal mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masing-masing kabupaten dan kota.

“Makanya, saya mengajak seluruh bupati agar terus bersinergi dengan KPK mengoptimalkan segala bentuk potensi penerimaan pajak daerah”.

“Sebab hal ini pula, sebagai bentuk komitmen dan kepatuhan terhadap pentingnya peningkatan pajak bagi pembangunan,” terang Walikota pada Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU), Perjanjian Kerjasama (PKS) Bidang Pertanahan serta Implementasi Tax Online di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN), di Swissbell Hotel, Jayapura, Kamis (25/7/2019).

Sementara melalui penandatangan kerja sama dengan pihak KPK itu juga, sambung dia, diyakini bakal memacu seluruh kabupaten dan kota di bumi cenderawasih untuk meningkatkan penerimaan maupu pendapatan daerah.

“Memang wilayah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Papua mempunyai karakteristik berbeda antara satu dengan daerah lainnya. Dilain pihak, potensi sumber daya alam yang ada pun bermacam-macam”.

“Apalagi UU 28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah yang bersifat close list tidak memberikan keleluasaan kepada daerah untuk menambah jenis pajak daerah dan retribusi. Hanya, disisi lain daerah dapat mengoptimalkan penerimaan pajak dan retribusi sesuai dengan potensi maupun karakteristik yang dimilikinya. Pun demikian, saya sebagai walikota Jayapura mewakili seluruh bupati di Provinsi Papua berkomitmen terus berupaya meningkatkan pendapatan daerah,” pungkasnya.

Bupati Merauke Frederick Gebze pada kesempatan itu, mengapresiasi peran KPK yang telah memfasilitasi pemerintah di kabupaten untuk bekerjasama dengan lembaga kejaksaan, Kantor Wilayah Badan Pertanahan maupun Bank Papua mengenai implementasi Tax Online di bidang DATUN.

Dirinya yakin kerja sama ini akan mampu mengoptimalkan potensi sumber pendapatan yang ada di daerah masing-masing. (Erwin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here