Wali Kota BTM Buka Kejuaraan Atletik Antar Pelajar, Berpesan Agar Guru Melihat Potensi Siswa

0
259
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, saat membuka kejuaraan atletik antar pelajar di lapangan IPDN Buper Waena. (Gracio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, resmi membuka kejuaraan atletik antar pelajar tingkat SMA/SMK se-kota Jayapura, di Lapangan atletik Kampus IPDN Buper Waena kota Jayapura, Kamis, (25/7/2019).

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, resmi membuka kejuaraan atletik antar pelajar tingkat SMA/SMK se-kota Jayapura, di Lapangan atletik Kampus IPDN Buper Waena kota Jayapura, Kamis, (25/7/2019). (Gracio / lintaspapua.com)

Melalui kejuaraan ini Benhur berharap, adanya pembinaan prestasi bagi usia pelajar di tiap sekolah, guna menghasilkan atlet-atlet terbaik Papua bukan hanya Popnas dan PON 2020 yang tinggal setahun lagi, namun pada kejuaraan Nasional di kemudian hari.

“Saya minta kepala sekolah, guru olahraga kalau ada anak (pelajar) yang berpotensi jangan di diamkan tapi harus di kembangkan karena dengan begitu prestasi Papua khususnya Kota Jayapura bisa melahirkan atlet-atlet terbaik kedepannya,” katanya.

Menurutnya, Indonesia mengenal Papua dengan gudangnya para atlet berprestasi yang luar biasa di semua Cabang Olahraga (Cabor), namun jika tidak di dorong oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota hasilnya pun tidak maksimal. Oleh karena itu pembinaan terukur harus menjadi fokus, bukan hanya pembangunan venues, namun juga prestasi atlet Papua untuk meraih medali nantinya di Popnas dan PON 2020 mendatang.

“Pembinaan terukur harus jadi fokus kita semua, sehingga pasti ada atlet terbaik yang kita lahirkan. Sehingga jangan hanya siapkan venues bagus tapi atlet juga sangat penting untuk Popnas dan PON karena kita tuan rumah. Harus di asa, di bina dengan baik pasti lahirkan prestasi luar biasa,”ujarnya.

Diharapkan pula, dengan kejuaraan ini akan lahir pelari-pelari handal dan potensi yang mewakili Kota Jayapura di event Nasional karena Pemerintah Kota terus berkomitmen menyukseskan Popnas dan PON 2020.

“Mari kita bersama sukseskan Popnas dan PON baik penyelenggaraan maupun prestasi, karena Kota Jayapura salah satu klaster yang tentu jadi kebanggaan kita yang harus di jaga terutama meraih medali sebanyak-banyaknya bagi Papua,” kata BTM sapaan akrabnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Mulyadi memaparkan, kejuaraan atletik antar pelajar mempertandingkan 4 nomor yakni 100, 200, 400 dan 800 meter dengan jumlah peserta sebanyak 108 atlet dari 12 sekolah masing-masing 10 SMA dan 2 SMK di Kota Jayapura.

“Sistim kejuaraan ini atletik digunakan sistim gugur, sedangkan perangkat pertandingan kita bekerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan Dispora Kota Jayapura, sekaligus ajang melihat potensi pelari-pelari muda tingkat pelajar untuk nanti di bina dan di kembangkan kedepannya,” tutupnya.

(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here