Jika Ada Keluhan Pelayanan Birokrasi di Papua, Silahkan Buat Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui web http://lapor.papua.go.id

0
457

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen mengajak,  masyarakat bumi cenderawasih untuk memanfaatkan fasilitas Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui web http://lapor.papua.go.id, yang diluncurkan 2017 lalu.

Sekda Papua, Hery Dosinaen menyampaikan arahan pada apel Senin (1/7) pagi, di Halaman Kantor Gubernur Dok II, Jayapura.  (Erwin / HPP)

Fasilitas ini menerima sejumlah keluhan terhadap kinerja maupun pelayanan pada satu instansi di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota.

“Kalau ada keluhan bahkan saran atau aspirasi silahkan sampaikan melalui layanan LAPOR. Dengan begitu, kita akan segera menindaklanjuti supaya ada perbaikan pelayanan atau hal terkait lainnya,” terang Hery di Jayapura.

Ia akui saat ini aplikasi LAPOR belum cukup familiar di kalangan masyarakat. Sehingga keluhan masyarakat belum banyak yang dapat diketahui. Oleh karenanya, dia berharap instansi terkait dapat lebih banyak mensosialisasikan keberadaan LAPOR, sehingga bisa secara maksimal diakses oleh masyarakat.

Sementara Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua melalui Kepala Bagian Dokumentasi dan Publikasi Adrijani mengatakan, sampai saat ini sudah puluhan keluhan yang diterima melalui aplikasi LAPOR.

Namun, belum seluruhnya dapat ditindaklanjuti karena sebagian besar pelapor dari kabupaten. Bahkan masih ada instansi di provinsi yang belum mengaktifkan layanan tersebut.

“Sehingga kalau yang dari kabupaten kami langsung sampaikan ke kabupaten bersangkutan untuk ditindaklanjuti. Kalau ada instansi di provinsi yang belum aktifkan layanan LAPOR kami terpaksa sampaikan secara manual”.

“Hanya yang jadi masalah ditindaklanjuti, terkadang pelapor sudah tak bisa dihubungi. Namun ini yang menjadi tantangan kami kedepan. Tentunya kita akan terus melakukan perbaikan, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” tutur ia.

Dalam kesempatan itu, ia mengimbau masyarakat untuk tak ragu memanfaatkan pengaduan online LAPOR. Sebab layanan ini menjaga kerahasiaan identitas pelapor.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here