JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., mengharapkan dengan hadirnya Ade Rai selaku brand ambasador BPJS Kesehatan dapat menularkan pola hidup sehat kepada masyarakat Kota Jayapura.

Brand Ambasador BPJS Kesehatan, Ade Rai mengatakan, masalah kesehatan bukan semata-mata karena malas atau tidak peduli namun sebenarnya ialah kepamahan tentang kesehatan itu sendiri. (Gracio / lintaspapua.com)

“Ini sangat penting, karena salama ini BPJS kesehatan hanya berperan masalah pengobatan, kesehatan, kali ini mempromosikan program kesehatan bagi masyarakat, dan di harapkan dengan kedatangan Ade Rai selaku Ambasador BPJS Kesehatan ini bisa menularkan tips-tips dan cara-cara pola hidup sehat kepada masyarakat,” katanya usai membuka kegiatan Sosialisasi Program JKN-KIS dan pola hidup sehat, di Aula Sian Soor Kantor wali kota Jayapura, Rabu, (17/7/2019).

Pemerintah kota Jayapura sambumg Rustan, berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah melaksanakan sosialisasi JKN -KIS dan pola hidup sehat kepada masyarakat kota Jayapura.

Dikatakannya, program JKN KIS dan pola hidup sehat penting bagi paguyuban, persekutuan, dan semua komunitas agar menjadi contoh berperilaku hidup sehat.

“Nah jika kita lakukan maka tingkat kesehatan di kota Jayapura akan meningkat,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa hidup sehat sebenarnya mudah dan murah, cukup dengan menjaga polah makan dan berolahraga,
“Jadi banyak makan sayur, buah-buahan, rajin olahraga, tidak merokok, tidak minum minuman keras, ini sudah pasti sehat sehingga derajat kemampuan berpikir kita meningkat dan pasti SDM kita juga ikut meningkat,”ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan Wilayah Papua dan Papua Barat, C Falah Rakhmatiana SKM, MM, AAK mengatakan, polah hidup sehat dapat diterapkan mulai dari diri pribadi.

“Kalau pribadi dia sehat maka dia bisa membantu orang lain, dan iuran BPJS kesehatan tidak dia pakai tetapi bisa di pakai oleh orang yang membutuhkan. Jadi lebih banyak orang yang menjaga dirinya maka lebih banyak juga orang yang terlindungi oleh orang sehat,” katanya.

Pihaknya menjelaskan dengan menyelenggarakan sosialisasi program JKN -KIS dan polah hidup sehat yang mendatangkan Ade Rai selaku Brand Ambasador BPJS Kesehatan, bertujuan untuk menggalakan polah hidup sehat kepada masyarakat.

“Dia adalah sosok contoh yang membiasakan hidup sehat dan kelihatan dari badannya, karena kebanyakan masyarakat itu maunya melihat contoh dulu terhadap keberhasilan, makanya kami mendatangkan Ade Rai selaku contoh,”ujarnya.

Di katakannya, Ade Rai ini sebagai Brand Ambasador BPJS Kesehatan, beliau sebagai praktisi, trainning juga pemateri pelaku hidup sehat di berbagai kalangan.

“Konsep BPJS adalah subsidi silang artinya yang sehat membantu yang sakit. Diharapkan peserta JKN KIS ini lebih banyak sehat daripada sakit, agar iuran BPJS Kesehatan cukup melayani orang yang sakit,” pungkasnya.

(Gracio/lintaspapua.com)