Bacaan : Yesaya 7:1-9

“Jika kamu tidak percaya, sungguh, kamu tidak teguh jaya.” (Yesaya 7:9b)

Masih banyak orang Kristen berpikir bahwa hidup seorang pengikut Kristus adalah hidup yang terbebas dari masalah, namun Alkitab tidak pernah menjanjikan hal yang demikian.

Semua manusia yang hidup di bawah langit dan di atas bumi ini tak satu pun yang terluput dari masalah. Dengan kata lain semua orang pasti menghadapi dan mengalami masalah!

Namun perhatikan apa yang dikatakan oleh Pemazmur: “Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;” (Mazmur 34:20), dan “Kemalangan akan mematikan orang fasik, dan siapa yang membenci orang benar akan menanggung hukuman.” (Mazmur 34:22).

Karena itu orang percaya tak perlu kecut dan tawar hati karena ada Tuhan di pihak kita. Seberat apa pun masalah yang kita hadapi, orang percaya akan tetap teguh jaya, asalkan kita tetap hidup dalam kebenaran, percaya kepada Tuhan dan mengandalkan Dia dalam segala hal.

Teguh jaya bisa diartikan berkemenangan dan tak tergoyahkan di segala keadaan. Seringkali kita berpikir bahwa kita bisa kuat kalau situasi yang ada sangat mendukung.

Bagaimana jika situasi yang terjadi sangat bertolak belakang? Hidup orang percaya tidaklah ditentukan oleh situasi dan kondisi. Meskipun situasi tidak memungkinkan dan sungguh teramat berat, orang percaya akan tetap teguh jaya asalkan ia tetap melekat kepada Tuhan, karena ada Roh Kudus yang senantiasa memberi kekuatan, ada tangan Tuhan yang selalu siap untuk menopang, sehingga “…apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” (Mazmur 37:24).

Karena itu tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengucap syukur di segala keadaan, sebab dalam segala perkara Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan. Kita juga patut bersyukur karena kita punya Bapa yang baik.

“Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” (Matius 7:9-11). Kita seringkali merasa tidak kuat menghadapi masalah karena kita terlampau banyak memikirkan hal-hal yang negatif.

Selalu ada kemenangan di pihak orang benar karena Tuhan selalu campur tangan!

(Dapatkan renungan dan ilustrasi kristen terlengkap serta update setiap hari. Download di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kristen.renunganilustrasi )