BIAK (LINTAS PAPUA) – SMA Negeri 1 Biak Kota menggelar Pembukaan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020. Bertempat di halaman Sekolah SMA Negeri 1 Biak Kota, Senin (15/07/2019).

SMA Negeri 1 Biak Kota foto bersama seluruh staf dan peserta didik baru. (Viona / lintaspapua.com)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus memberikan materi kepada para peserta didik baru, Danlanal Biak Letkol Laut (P) Budi Darmawan Amran mengatakan, pihaknya hadir sebagai pelengkap materi yang diberikan kepada para peserta didik baru.

“Materi yang disampaikan yakni Pertama, Wawasan Wiyana Mandala, dimana dalam Wiyana Mandala itu sendiri ada beberapa kriteria yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, dan kebersamaan serta kekeluargaan. Dengan pengalaman yang ada pada kita, kita melengkapi apa yang disampaikan oleh para guru di SMA Negeri 1 Biak Kota,” Ujar Danlanal Biak.

SMA Negeri 1 Biak Kota foto bersama seluruh staf dan peserta didik baru. (Viona)

Kedua yakni Tata Krama. dimana dalam materi ini, Danlanal beserta pihaknya akan memberikan materi tentang peralihan para siswa dari paradigma baru menuju ke SMA dan lebih kuat karakternya apabila ada referensi dari luar. ” Dalam hal ini TNI AL memberikan materi tentang bagaimana tata krama yang sewajarnya, yang bagus dan sesuai dengan masa peralihan mereka di SMA Negeri 1 Biak Kota.” Terang Danlanal

Ketiga, tentang Disiplin. Dalam masa pengenalan sekolah di situ akan ada disiplin, tiap sekolah berbeda-beda, OSIS dan juga kegiatan-kegiatan di sekolah. Para siswa wajib mengikuti tata tertib, disiplinnya apalagi di SMA Negeri 1 Biak Kota.

Kemudian yang terakhir, tentang Narkoba. Danlanal berbicara terkait bahaya narkoba dan juga keikut sertaan Peserta didik baru dalam keangotaan pramuka.

Danlanal berharap dengan adanya kegiatan PLS yang akan di adakan selama tiga hari ke depan, menjadikan peserta didik baru dapat lebih berkarakter dan menjadi generasi penerus yang membanggakan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biak Kota Ruben Faknik, S.pd memberikan apresiasi kepada Danlanal Biak yang telah melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Biak Kota.

“Pada hari ini kami bersyukur sekali komandan Lanal Biak bersama seluruh stakeholder hadir pada pembukaan PLS. Sebagai pimpinan kami memberikan apresiasi kepada komandan Lanal biak yang sudah ikut mengambil bagian dalam kegiatan PLS tahun 2019 ini. Perdana komandan Lanal biak telah melakukan kunjungan dalam kegiatan di SMA Negeri 1 Biak Kota” ungkap Ruben

Selain materi yang disampaikan diatas, Ruben juga mengaku dalam kegiatan PLS yang di ikuti sebanyak 500an lebih peserta didik baru ini, peserta didik diajarkan tentang materi Kurikulum K13. “Mereka dapat mengenal proses pelaksanaan KBM di lingkungan SMA Negeri 1 Biak Kota,” tandasnya.  (Vio).