JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Bertempat di Halaman istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019), Presiden RI Ir. H. Joko widodo mengangkat para Taruna dan Taruni Akmil Maupun Akpol menjadi Perwira TNI dan Perwira Polri berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 53 TNI tahun 2019, dan Nomor 54 Polri Tahun 2019.

Sebanyak 781 calon perwira yang di lantik presiden Joko widodo antara lain, 244 orang putra dan 15 orang putri dari Akmil dan dari Akademi Angkatan laut (AAL) sebanyak 103 orang Putra dan 14 Orang Putri dengan jumlah seluruhnya 117 orang serta dari Akademi Angkatan Udara (AAU) sebanyak 90 orang putra dan 9 orang putri dengan total jumlah 99 orang.

Sementara itu, dari Akademi Kepolisian (Akpol) semuanya berjumlah 306 orang yang terdiri dari putra sebanyak 256 orang dan putri 50 orang.

Dari sekian banyak yang dilantik, ada seorang putri asli Papua, Listra Kogoya yang berhasil lulus dan dilantik menjadi perwira baru oleh Presiden RI.

Listra Kogoya yang merupakan putri dari Almarhum Apner Kogoya dan Derina Jikwa lulus sebagai perwira muda yang akan memberikan Dharma Bhaktinya pada Ibu Pertiwi melalui Polri.

Listra Kogoya, (Perempuan) Lahir di Lualo 28 juni 1996, Suku Lanny Jaya, Putri dari ayah Almarhum Apner Kogoya (Pernah Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Puskesmas Gamilia) dan ibu Derina Jikwa (IRT) dan memiliki wali an. Mekki Wenda, anggota Polri di Rumah Sakit Bayangkara.

Kini Listra Kogoya resmi menjadi Perwira Polri yang akan mengabdi untuk Indonesia dan juga tentunya mengharumkan nama daerah tercinta yakni Papua. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, jika mereka bisa saya juga pasti bisa.

Sebelum melantik, Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara mengambil sumpah para calon perwira TNI dan Polri dengan mengatakan Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Perjuangan saudara-saudara juga sangatlah berat, saya tahu. Gemblengan untuk saudara-saudara juga sangatlah hebat. Gemblengan yang membuat ketahanan mental dan fisik saudara menjadi prima. Menjadikan saudara-saudara sebagai putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Karena itu saya sekali lagi mengucapkan selamat dan sukses. Dan saya bangga bisa melantik saudara-saudara para ksatria muda,” kata Presiden.  (Gracio/lintaspapua.com)