JAKARTA (LINTAS PAPUA) –  Nenu Tabuni, S. Sos, selaku Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Intan Jaya Resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Sekwan Seluruh Indonesia (ASDEKSI) untuk 29 Kabupaten/Kota Se Provinsi Papua oleh Ketua Umum ASDEKSI Nasional Bapak Tri Puguh Priyadi, SH, MM.

Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Assosiasi Sekwan Seluruh Indonesia (ASDEKSI) untuk 29 Kab/Kota Provinsi Papua. (ISTIMEWA)

“Saya dilantik bersama-sama dengan Dewan Pengurus Daerah ASDEKSI lain di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia oleh Ketua Umum ASDEKSI Pusat dan resminya sebagai dilantik sebagai Ketua pengurus Daerah ASDEKSI untuk membawai 29 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua,” ujar Nenu Tabuni, S. Sos, saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Juli 2019.

 

Nenu Tabuni menjelaskan, bahwa Asosiasi Sekwan DPRD Kabupaten/ kota Seluruh Indonesi disingkat ASDEKSI ialah Forum Komunikasi dan Konsultasi Sekretaris DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia.

“Atau suatu Organisasi Profesi yang anggota dan pengurusnya berasal dari ASN Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia, sampai dengan saat ini berjumlah 1000 orang diseluruh Indonesia,”  lanjutnya.

Ditambahkan, untuk Provinsi Papua anggotanya berjumlah ratusan orang, yaitu 29 Sekwan se Provinsi Papua beserta para stafnya.

 

Untuk itu, Pembentukan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asdeksi Sekwan DPRD Provinsi Papua adalah baru terbentuk bulan ini, agar perlu adanya forum komunikasi dan konsultasi sebagai wadah media tukar menukar informasi para Sekretaris DPRD baik di tingkat Nasional maupun Regional yang fasilitasi oleh pemerintah.

 

“Selain itu juga dengan adanya wadah ASDEKSI ini juga diharapkan bisa berfungsi memberikan dukungan dan fasilitas pemberdayaan Sekwan dalam mensinergikan  kebijakan pemerintah dan DPRD dalam tata kelolapenyelenggaraan pemerintahan yang baik.” Paparnya.

 

Kemudian ASDEKSI juga merupakan suatu wadah organisasi dalam rangka penguatan kinerja SEKWAN yang bersifat koordinatif dan konsultatif. Tujuan ASDEKSI adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja SEKWAN dalam rangka pelaksanaan tupoksi selaku dinamisator, komunikator dan mediator dalam membantu dan memfasilitasi kelancaran dan tugas dan fungsi kewenangan DPRD dalam mensinergikan hubungan kemitraan lembaga pemerintah dan lembaga DPRD Kabupaten/Kota.

 

Selain itu, untuk peningkatan SDM bagi SEKWAN dan staf diseluruh Kabupaten/Kota. ASDEKSI Pusat juga melaksanakan pendidikan dan pelatihan dengan melibatkan dari DEPDAGRI, DEPKEU, BPK RI, Anggota DPR RI dan SEKJEN DPR RI serta dari Praktisi/Konsultan, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pada Sekretariat DPRD di Seluruh Kabulaten/Kota di Indonesia.

 

Tercatat bahwa sejak berdirinya ASDEKSI Nasional atau di Pusat telah melaksanakan ratusan kali Kegiatan Nasional berupa Bimbingan Teknis, Orientasi dan Workshop Nasional Peningkatan Kinerja Kerja SEKWAN dan Staf Sekretariat DPRD Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia.

 

Dengan semangat ini Pengurus Asdeksi Pusat lantik kita 3 orang, yaitu saya sendiri sebagai Ketua DPD ASDEKSI Provinsi Papua, Sekretarisnya Sekwan Kabupaten Nabire dan Bendaharanya adalah Sekwan Kabupaten Supiori.

 

“Oleh karena itu, saya sampaikan bahwa tugas ini merupakan tugas baru  yang dipercayakan kepada kami bertiga untuk mengurus dan membesarkan organisasi  Asdeksi DPD Provinsi Papua dan kami akan sosialisasikan kepada para Sekwan di 29 Kabupaten dan Kota Provinsi Papua untuk dapat kerjasama yang baik dari semua pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua serta Pemerintah dan lembaga DPRD di Kabupaten Kota se Provinsi Papua,” katanya.

 

Kemudian Kantor Sekretariat DPD Asdeksi Provinsi Papua sedang kami cari dan itu berkedusukan di Ibukota Provinsi Papua di Jayapura. (*)