Sengketa Pileg di MK, Kapolda Papua Minta Warga Flobamora Ikut Jaga Kamtibmas

0
138
Kapolda Rudolf Alberth Rodja saat meyerahkan bingkisan kepada para janda Flobamora. (Gusti Masan Raya)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja meminta ribuan warga Flobamora yang mendiami Provinsi Papua untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban terkait sengketa Pemilihan Legislatif (Pileg) yang masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja, dalam suasana halal bi halal. (Gusti Masan Raya)

Permintaan itu disampaikan Kapolda Rodja saat menghadiri acara Halal bi Halal yang digelar Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Provinsi Papua di Aula Korem 172/PWY. Padang Bulan, Jayapura, Sabtu (06/06/2019).

“Sebagai Kapolda yang juga putra Flobamora, saya ajak semua warga Flobamora di Papua untuk sama-sama kita jaga Kamtibmas. Karena semua di sini pasti beda pilihan. Mari kita sikapi dengan arif dan bijaksana dinamika politik yang tengah berlangsung,” kata pria asal Bajawa, NTT ini.

Rodja mengatakan, ia mendapat informasi bahwa jumlah penduduk asal Flobamora, NTT yang ada di Provinsi Papua mencapai 130 ribu jiwa. Jumlah ini terbilang sangat besar dibandingkan di Papua Barat yang hanya sekitar 50 ribu orang.

Tarian Hedung dari Lembata menyambut Ketua IKF Sulaeman Hamzah, Kapolda Papua Rudolf Albert Rodja dan Sekda Papua Hery Dosinaen di Aula Korem 172/PWY, Padang Bulan, Jayapura, Sabtu (06/07/2019). (Gusti Masan Raya)

“Kita berada di sini semata-mata rancangan Tuhan. Karena itu apapun profesi kita, mari kita jadikan modal untuk membangun Papua. Kita orang Flobamora tidak kalah dengan yang lain. Asalkan kita gali potensi kita untuk bekerja sepenuh hati dan bersama-sama membangun Papua,” kata Kapolda Rodja.

Oleh karena itu, Kapolda Rodja juga meminta agar terus menjaga kebersamaan dan persatuan sesama warga Flobamora dengan hidup sosial bermasyarakat. Sebab tanpa persatuan
“Kalau tidak, tunggu celaka atau mati dulu baru kita baku tahu, oh dia anak Flobamora juga. Kelakuan seperti ini harus diubah. Harus banyak bersosialiasasi di dalam kerukunan Flobamora,” tegasnya.

Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Provinsi Papua menggelar acara Halal Bi Halal, Sabtu (06/07/2019) di Aula Korem 172/PWF, Padang Bulan, Jayapura. Perayaan bertajuk Dalam Suasana Yang Fitri, Kita Tingkatkan Silaturahim Untuk Kebersamaan Yang Lebih Baik ini berlangsung sangat meriah dihadiri ribuan warga Flobamora di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom. (Gusti Masan Raya)
Suasana acara Halal bi Halal yang digelar Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Provinsi Papua di Aula Korem 172/PWY, Padang Bulan, Jayapura, Sabtu  (06/07/2019). (Gusti Masan Raya)

Sekedar diketahui, Rudolf Albert Rodja dilantik oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D melantik menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Kamis (02/05/2019) di Rupatama Mabes Polri. Pada Rabu (29/05/2019), ia mendapat kenaikan pangkat dari Brigjen menjadi Irjen dan resmi menyandang bintang dua. Ia adalah mantan Kapolda Papua Barat yang sebelumnya menjabat Wakapolda Papua.

Acara halal bi halal ini berlangsung meriah. Turut hadir, Sekretaris Daerah Papua T.E.A. Hery Dosinaen, S.IP.M.KP.M.Si, Ketua Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) H. Sulaeman L. Hamzah, SE bersama sejumlah pengurus tungku Flobamora dari setiap kabupaten, Ketua LMA Port Numbay George Awi, Rektor IAIN Jayapura Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag.M.Si, para pengurus lintas paguyuban, dan ribuan masyarakat Flobamora di sekitar wilayah Tabi. (Gusty Masan Raya)