BIAK (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka memeriahkan Festival Biak Munara Wampasi ke VII Tahun 2019, Panitia mengadakan lomba mancing dengan Hadiah utama berupa Fiber longboat dan sejumlah hadiah menarik lainnya. Bertempat di Pelabuhan Tiptop, Rabu (3/07/2019).

Lomba mancing ini terbagi dalam dua kategori lomba yakni tradisional dan juga modern yang di ikuti oleh 54 peserta yang terdiri dari Kategori lomba mancing moderen sebanyak 22 peserta dan kategori lomba mancing tradisional sebanyak 32 peserta.

Kepala Bidang Pemasaran Regional III Wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, Syukurni dalam sambutannya saat melepas peserta lomba menyatakan rasa bangganya bisa menyaksikan langsung lomba mancing karena baginya ini baru pertama kali di Indonesia.

“Saya bangga bisa ada di Biak menyaksikan langsung lomba mancing karena ini baru pertama di Indonesia, sehingga saya harapkan dijadikan portfolio pada Dinas Pariwisata Biak untuk dikembangkan lagi.” Kata Syukurni.

Selain itu, Syukurni berharap tahun depan pada saat lomba mancing lebih banyak pesertanya, karena tidak saja menikmati mancing tapi keindahan pada setiap perairan pulau Biak, sambil tetap memperhatikan cuaca yang kerap berubah-rubah.

Bupati Kab. Biak Numfor Herry A. Naap bersama istri saat pembukaan FBMW ke VII 2019. (Viona / lintaspapua.com)

Untuk lomba mancing, setiap peserta wajib mendokumentasikan dalam bentuk video mulai dari proses hingga hasil mancingnya, dengan persyaratan-persyaratan lain yang telah disepakati saat technical meeting sebelumnya, sedangkan juara favorit dinilai berdasarkan jumlah ikan yang diperoleh.

Dari hasil lomba mancing, tim yang menang untuk kategori Tradisional yakni, juara 1 diraih oleh tim Jerman dengan total ikan seberat 9,740 kg. Juara kedua diraih tim Karabas dengan jumlah ikan seberat 9,4 kg mendapatkan hadiah berupa 1 buah BPS heandhel dan uang pembinaan sebesar Tiga Juta Rupiah. Kemudian tim yang keluar sebagai juara Ketiga yakni Tim Exell dengan jumlah iKan seberat 4,610 kg mendapatkan hadiah berupa 1 unit BPS.

Sementara untuk pemenang lomba mancing katergori Mancing Modern yang berhasil mendapattkan juara yakni, juara Pertama Tim Duo Insamen dengan total ikan seberat 9,6kg mendapatkan hadiah berupa uang seniilai Delapan Juta Rupiah. Juara Kedua dari tim Ribas FC dengan total ikan seberat 6,8kg mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Empat Juta Rupiah. Sedangkan untuk juara ketiga di menangkan oleh tim Ocea jiger Club dengan total ikan seberat 4,9kg mendapatkan hadiah uang sebesar Tiga Juta Rupiah.

Hadiah untuk kategori tradisional : Juara I – Longboat Fiber, Juara II – GPS Handheld ditambah uang pembinaan 3juta rupiah, Juara III – GPS Handheld, sedangkan pada kategori modern : Juara I – 8 juta rupiah, Juara II – 4 juta rupiah, Juara III – 3 juta rupiah. (Vio)