Panitia Seleksi CPNS Keerom Temukan 5 Pendaftar Pakai Akun Palsu

0
2211
Sekretaris Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Keerom, Lamber Fonataba, dan suasana pengarahan peserta sebelum mengikuti ujian CAT. (Arif / HPP)

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Ribuan pelamar / peserta test CAT untuk seleksi penerimaan CPNS di Kabupaten Keerom telah mengikuti materi test CAT (computer Asisted Tes) selama 7 hari, hingga dijadwalkan terakhir hari ini (kamis, 4/6/2019). Sayangnya panitia menemukan ada pelamar yang tak bertanggungjawab yang menggunakan akun palsu untuk bertindak curang.

Suasana pengarahan peserta sebelum mengikuti ujian CAT. (Arif / HPP)

Sekretaris Panitia seleksi test CAT CPNS Kab Keerom, Lambert Fonataba, mengemukakan hal ini kepada wartawan, disela-sela kegiatan di Gedung SMK Negeri I Keerom, Arso II, Rabu (3/6/2019) kemarin. Namun menurutnya secara umum pelaksanaan test berjalan lancar.

‘’Pelaksaanaan seleksi CAT seleksi 2018 di kab Keerom, sampai dengan hari ke-7 berjalan baik, tak mengalami kendala signifikan, bisa dikatakan peserta/pelamar telah 90 persen memahami IT yang dipakai untuk tes kali ini. Sementara untuk kendala, beberapa kali ada jaringan blank spot sehingga pelaksanaan test terkadang tertunda 1-2 menit, namun setelah itu lancar kemabali,’’ungkapnya.

Namun ia juga mengakui ada temuan soal indikasi pemalsuan akun peserta yang ditemukan panitia, yaitu sebanyak 5 akun. Hal ini menurutnya ada indikasi penipuan/pemalsuan, dengan motif agar peserta yang ditolak karena umurnya tak mencukup bisa mengikuti test tersebut.

‘’Memang ada temuan yaitu ada pelamar yang ada indikasi duplikasi atau pemalsuan akun peserta, namun setelah kami cek data base pelamar, ternyata kelima orang ini tak ada di data pelamar, mereka memalsukan dengan cara scan dan mengganti foto peserta. Setelah kami panggil, mereka mengakui dan minta maaf, kami maafkan dan nasehati karena system CAT ini baru dan aplikasi yang protek pelamar dari awal pendaftaran hingga tes, kalau ada yang berusaha pemalsuan akan terdeteksi dengan cepat,’’ujarnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Keerom, Lukas Saranga, S.Sos, mengemukakan untuk tahapan selanjutnya, peserta yang telah melaksanakan test selanjutnya menunggu hasil yang akan diumumkan pada tanggal 30 juni.

‘’Peserta yang dinyatakan lulus pada tanggal tersebut bisa memantau diakun pendaftaran mereka masing-masing dan juga akan kami tempelkan di tempat publik. Selanjutnya mereka yang dinyatakan lulus akan melakukan pendaftaran ulang pada awal Agustus nanti,’’ujarnya. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here