BIAK (LINTAS PAPUA) – Sebagai upaya menjalin hubungan kemitraan serta meningkatkan pemahaman terkait hak dan kewajiban peserta JKN-KIS di Kabupaten Biak Numfor, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor menyelenggarakan Gathering serta Sosialisasi terpadu Program JKN-KIS yang diikuti oleh Badan Usaha (BU), Aparatur Sipil Negara (ASN), dan media massa, bertempat di Gedung Wanita, Kantor Bupati Biak.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak, Budi Sukwara saat mensosialisasikan Manfaat JKN KIS kepada Peserta yang hadir saat Gathering. (Viona / lintaspapua.com)

Adapun narasumber pada sosialisasi yakni, Plt. Kajari Biak, Elmin Palyama yang menyampaikan materi dari aspek hukum yang berisikan tentang dasar hukum pelaksanaan Program JKN-KIS serta penegakan kepatuhan badan usaha, Kepala DPMPTSP Kabupaten Biak Numfor, Herry Mulyana yang berbagi tentang aplikasi Online Single Submission (OSS), Direktur RSUD Biak, dr. Ricardo Mayor menjelaskan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS di RSUD Biak, dan Kepala BPJS Kesehatan Biak, Budi Sukwara membahas hak dan kewajiban sebagai peserta JKN – KIS.

“Kegiatan ini sangat bagus menurut saya karena dapat menjalin silaturahmi dengan stakeholder, BU, ASN dan Media serta berbagi infromasi terkait regulasi-regulasi terbaru dalam pelaksanaan Program JKN-KIS. Khusus untuk badan usaha saya harapkan patuh mendaftarkan seluruh pekerja dan anggota keluarganya untuk diintegrasikan pada program JKN-KIS sehingga Dengan Gotong Royong Semua Tertolong,” ujar Asisten II, Ferry Bettay mewakili Bupati untuk membuka kegiatan.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Budi Sukwara  menyampaikan,  bahwa, tujuan diadakannya kegiatan ini diantaranya tercapainya hubungan kemitraan serta untuk memperbaiki layanan Jaminan Kesehatan di wilayah kerjanya. Selain itu, kegiatan semacam ini serentak dilakukan di Indonesia, dengan harapan tali silahturahmi antara BU, ASN, dan media untuk saling menggali informasi, agar program JKN-KIS semakin baik dalam penerapan pelayanannya.

“Gathering ini diselenggarakan selain untuk mempererat hubungan kerja sama dan silahturami dengan BU, ASN dan Media, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memberikan informasi mengenai regulasi terbaru yang mengatur penyelenggaran program JKN-KIS. Sehingga diharapkan setelah kegiatan ini, peserta gathering dapat lebih memahami dan menyamakan persepi terhadap program JKN-KIS,” tutur Budi.

Budi juga menyampaikan,  terima kasih kepada teman-teman media, yang sangat membantu menyosialisasikan program dan kebijakan dari BPJS kesehatan kepada masyarakat melalui media. Untuk itu Ia berharap kerjasama yang telah terjalin dapat ditingkatkan pada masa selanjutnya.

Kegiatan ini tentu mendapat apresiasi dari peserta yang hadir, salah satunya J.D. Kristianto selaku perwakilan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) salah satu anak perusahaan dari PT.Maju Makmur Grup. Menurutnya kegiatan ini sangat bagus sebab segala informasi terbaru BPJS Kesehatan bisa tersampaikan langsung sehingga mudah dipahami.

“Saya apresiasi pertemuan ini, sangat bagus, menarik, dan tentunya akan bermanfaat untuk kami sebagai peserta JKN-KIS. Disini segala informasi bisa kita dapatkan, terutama terkait regulasi terbaru BPJS Kesehatan sehingga dengan mudah dipahami. Kita bisa bertanya dan menyampaikan kendala apa saja yang kita hadapi di lapangan. Tentunya, segala informasi yang didapatkan pada hari ini akan saya sampaikan kepada rekan-rekan di tempat kerja saya,” ucapnya.

Gathering dan sosialisasi kali ini cukup riuh karena diskusi dengan peserta diselingi dengan “ice breaking” dibarengi pemberian sejumlah seminar kit dari BPJS Kesehatan. Sebagai penutup kegiatan, BPJS Kesehatan kembali memastikan setiap peserta gathering sudah mengunduh aplikasi Mobile JKN yang bisa memudahkan peserta JKN-KIS mengurus keperluan administrasi kepesertaannya. (Viona / lintaspapua.com)