Tim Sepakbola PON Papua Barat Mantapkan Kesiapan Menuju PON XX 2020

0
679
Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Papua Barat, dr Fransiscus mengatakan, penunjukan Pelatih Kepala Tim Sepakbola Pra-PON kepada Mettu Duwaramuri sudah diusulkan sebelum Piala Gubernur. Tampak suasana foto bersama. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Papua Barat, dr Fransiscus mengatakan, penunjukan Pelatih Kepala Tim Sepakbola Pra-PON kepada Mettu Duwaramuri sudah diusulkan sebelum Piala Gubernur.

“Usulan itu sebelum Piala Gubernur yang bertempat dilapangan Aro Manokwari berlangsung sejak 12-24 Juni. Tim sudah siap dan akan melakukan TC berjalan,” ujar Fransiscus kepada media ini saat dikonfirmasi melalui tlp celulernya, Kamis malam, (27/06/2019).

Dirinya menambahkan bahwa untuk TC tim sepakbola sendiri akan dilakukan di Manokwari, terkait dengan asisten pelatih nanti akan kami bicarakan dengan pelatih dulu.

“Kita juga dalam mempersiapkan tim akan terus memantau dan melakukan teleschoting dan masih melakukan seleksi kepada pemain untuk bergabung dengan tim, pemain kita juga sudah pantau dari hasil Piala Gubernur kemarin,” terangnya.

Lanjutnya pemain yang nantinya akan masuk kerangka tim berjumlah 25 pemain sesuai kuota, pemain dari hasil kejuaran piala gubernur, kemudian pelatih kepala juga akan berada di Kota Sorong Senin selama tiga hari untuk melakukan seleksi disana. “Ketika semua pemain sudah ada maka seleksi terakhir akan kita lakukan di Manokwari,”tuturnya.

Disinggung terkait dengan regulasi yang di keluarkan oleh PSSI pusat bahwa bisa menggunakan 5 pemain profesional, dari klub Liga 1. Ketua Asprov PSSI Papua Barat Fransiscus mengaku kita tentunya akan memanfaatkan pemain yang sudah punya pengalaman kalau regulasinya seperti itu.

“Kita akan coba berkoordinasi untuk ajak bergabung dan padukan dengan pemain hasil seleksi yang ada,” ungkapnya.

Ditanya target dari tim Sepakbola Pra-PON Papua Barat sendiri Ia mengatakan tentunya target kita ada. “Harapan dari semua masyarakat Papua Barat dan juga KONI Papua Barat targetnya kita lolos PON 2020,”bebernya.

Pelatih Kepala Tim Sepakbola Pra-PON Papua Barat, Mettu Sala Duwaramuri mengatakan masih akan melakukan seleksi lagi kepada pemain, kita baru mendapatkan 60 orang ini kan akan kita ciutkan menjadi 30 orang. Tampak saat pelatih menjumpai Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dalam sebuah diskusi dan tatap muka santai. (ISTIMEWA)

Kami juga sudah mengajukan, untuk menjadi tuan rumah Pra-PON, untuk wilayah timur kan, Maluku, Papua Barat dan Maluku Utara.

Sementara itu, Pelatih Kepala Tim Sepakbola Pra-PON Papua Barat, Mettu Sala Duwaramuri mengatakan masih akan melakukan seleksi lagi kepada pemain, kita baru mendapatkan 60 orang ini kan akan kita ciutkan menjadi 30 orang.

“Seleksi yang kita lakukan ini memang sangat ketat. Jadi seleksi ini bukan saja Manokwari dan Sorong tapi ini Provinsi Papua Barat, jadi semua pemain kita akan ambil dari Kabupaten/Kota yang ada di Papua Barat, seperti Kaimana, Fak-Fak, Kota Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Bintuni, Pegunungan Arfak, Kabupaten Manokwari, Wondama, Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Tambrauw, Manokwari Selatan. Semua harus ada keterwakilan dalam tim,” kata mantan asisten pelatih yang sukses membawah Persipura meraih empat bintang.

Dirinya juga tidak mau banyak berkomentar tetapi mau bekerja untuk tim Sepakbola Pra-PON Papua Barat, dan hingga saat ini persiapan sudah berjalan 30 persen karena masih melakukan seleksi.

“Pemain yang ada dari hasil Piala Gubernur Papua Barat dan kita mulai lakukan seleksi itu tanggal 4 Juli nanti. Tapi juga tidak menutup kemungkinan bagi pemain yang ada di luar yang bermain di Liga 1, karena pemain yang kita seleksi adalah pemain kelahiran 1998 seperti Braif Fatari dan Bryan Fatari yang ada di Persija,” bilangnya

Sesuai aturan kan pemain tersebut bisa bermain di daerah asal sesuai KTP nya, sesuai ketentuan dari PSSI pemain kelahiran 1 Januari 1998, surat yang masuk ke Asprov dari PSSI pusatkan bisa menggunakan 5 pemain profesional. Persiapan hingga saat ini 30 persen dan tim ini karena masih lakukan seleksi. (GM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here