Kemenkum HAM Papua Gelar Konsultasi Teknis Pemasyarakatan : Lapas Bukan Saja Membina, Tapi Lebih Produktif

0
98
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plh.Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Max Wambrauw yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Divisi Keimigrasian. (Humas Kemenkum HAM Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Kegiatan Konsultasi Teknis Pemasyarakatan Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua dilaksanakan di Metta Star Hotel Abepura, 21 Juni 2019.

Kegiatan Konsultasi Teknis Pemasyarakatan Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua dilaksanakan di Metta Star Hotel Abepura, 21 Juni 2019. (Kemenkum HAM Papua)

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plh.Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Max Wambrauw yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Divisi Keimigrasian.

Pembukaan Konsultasi Teknis tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan serta pejabat Eselon III dan IV di Jajaran Kanwil Papua dan peserta yang berasal dari seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Papua.

Tugas pembinaan pada UPT Pemasyarakatan kerap mendapat kendala yang terjadi hampir diseluruh wilayah, oleh karena itu kegiatan Konsultasi tersebut penting untuk dilaksanakan guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam sambutannya, Plh.Kepala Kantor Wilayah menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Petugas.

“Saya harap para assesor mampu meningkatkan efektifitas pelayanan dalam mengassesment Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mewujudkan Revitasisasi penyelenggaraan Pemasyarakatan di Papua” tegas Max Wambrauw.

Max Wambrauw juga menyampaikan salah satu kebijakan nasional adalah untuk mengupayakan adanya lapas produktif agar Lembaga Pemasyarakatan tidak hanya sebagai tempat membina Narapidana secara konvensional, tetapi juga dapat menjadi salah satu sarana untuk mendorong dihasilkannya produk-produk berkualitas.

“Mari kita bersama menjadikan lapas menjadi lapas yang produktif dengan kreasi dan bakat para WBP masing-masing” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat eselon III, IV dan V serta Staf di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua. (
papua.kemenkumham.go.id )