Cabor Mulai Presentase Hasil Capaian TC Berjalan Ke Puslatprov

0
247
Ketua Puslatprov Papua Brigjend Irham Warohian mengatakan mulai hari pertama ini cabor-cabor mulai presentasi didepan kita pengurus puslatprov dan konsultan. (MG)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Ketua Puslatprov Papua Brigjend Irham Warohian mengatakan mulai hari pertama ini cabor-cabor mulai presentasi didepan kita pengurus puslatprov dan konsultan.

“Pak Paulus Pesurnay dan Pa Yusuf adalah konsultan Treaning Center (TC) / Pemusatan Latihan terpusat sebagai konsultan untuk manajemen Puslatprov,” kata Ketua Puslatprov Irham Warohian kepada wartawan di Kantor KONI Papua, Selasa, (25/06/2019).

Lanjutnya yang hari ini pemaparan yakni Sepakbola putra dan putri serta Futsal yang sudah melakukan presentase. Dalam pemaparan itu juga kita menilai masih banyak perbaikan-perbaikan.
“Perbaikan karena ada hal-hal teknis untuk kepelatihan itu masih belum tepat seperti yang di inginkan oleh puslaprov. Dalam hal ini tentu dari tenaga konsultan kita,” terang Irham.

Menurutnya terutama di periodisasi latihan secara moderen demikian kita juga lihat tadi futsal sudah lebih bagus karena sudah siap sistem periodisasi, ini kita perbaiki tadi ada beberapa item mereka masih memasukan atlet sesuai dengan hasil seleksi mereka.

Contohnya sepakbola putra-putri yang masih berpatokan di angka 30. “Kita mengacu kepada KONI pusat itu hanya 24 orang tapi kita akan mencari jalan keluarnya, akan libatkan Asprov. Jadi atlet yang belum tertampung di TC itu kita kembalikan lagi tapi di bina Asprov,” tuturnya.

Secara umum kita melihat sudah sejalan hanya koreksi kecil-kecil saja. Harapan kita kedepan masing-masing cabor akan kita gilir supaya siap kita langsung lakukan TC terpusat.

Disinggung nanti berapa lama, Irham selaku Ketua Puslatprov mengaku semua tergantung kesiapan cabor itu sendiri TC inikan sudah mulai berjalan ada yang secara mandiri dan ada yang sudah tersebar.

“Langkah awal kita adalah untuk mengukur VO2 Max atlet sudah selesai. Jadi kita libatkan Uncen dan sudah terdata 1039 atlet yang sudah kita data VO2 max nya. Memang mencari atlet VO2 max yang ideal masih kesulitan tapi tadi dari konsultan kita dengan pelatihan yang sesuai porsi nya muda-mudahan VO2 maxnya bisa meningkan,” ungkapnya.

Karena kita mematok cukup tinggi dan standar itu butuh untuk atlet putra VO2 max itu 63 kalau diputri VO2 max 55 karena mencari yang ideal itu sangat sulit. Kita fokuskan ke cabor permainan yang menggunakan fisik tentu berbeda dengan Brodge, Catur itu sangat berbeda dengan permainan seperti sepakbola, atletik, kita usulkan iti memang butuh VO2 max itu benar-benar ada diangka itu.

Kita ingat dulu itu Timnas saja, hanya dua orang yang mempunyai VO2 max diatas dari yang ditargetkan dari 63 tadi. TC terpusat nanti setelah mereka pemaparan kita akan kasih waktu untuk memperbaiki segera kita ekspos jadi ketika mereka siap untuk presentasi kita akan siapkan.

“Kita akan jadwalkan muda-mudahan 1 Agustus kita sudah mulai pentahapan berikutnya. Kita kumpulkan semua atlet pergelombang sesuai dengan kategori, seperti cabor permainan sendiri atletik sendiri. Kita akan melakukan pelatihan karakter building dengan psikologi nanti tenpatnya mungkin setelah kita rencanakan tempatnya nanti di Rindam yang paling ideal menampung 200-300 atlet untuk karakter buildingnya,” ujarnya.

Sehingga pada saat melaksanakan TC terpusat itu sudah ada mental untuk siap bertarung, jadi mental tarungnya akan terlihat disitu. Ditanya terkait kita selaku tuan rumah tidak mengikuti Pra-PON seumpamanya seperti futsal yang akan ikut iven apakah puslatprov mengakomodir.

Irham mengatakan akan diakomodir, kita harapkan mereka memang harus ikut itulah untuk mengukur kemampuan mereka dulu, seperti futsal ada turnamen misalnya kita akan ikutkan termasuk juga ada beberapa cabor yang malahan sudah TC tapi terpusat, contoh sepatu roda di Bekasi sudah berjalan, termasuk Soffball yang melaporkan akan di Bali, termasuk Biliar sudah lakukan TC terpusat dia di Jogja. (MG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here