KEEROM  (LINTAS PAPUA)  – Keberadaan Organisasi Radio Komunikasi di Keerom telah berkembang, baik yang tergabung dalam ORARI, RAPI maupun Senkom. Untuk menyatukan peran ketiga organisasi tersebut, maka Pemkab Keerom melakukan rapat koordinasi dengan ketiganya untuk menyatukan peran ketiganya dalam Bankom (bantuan komunikasi).

Sekda Keerom, Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM, memimpin rapat koordinasi tersebut di ruang rapat Kantor Bupati Keerom, pada Kamis (20/6) kemarin. Turut hadir, Asisten I Setda Keerom, Sucahyo Agung, Kadis Infokom, Megiken Bangun. (Arif / HPP)

Sekda Keerom, Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM, memimpin rapat koordinasi tersebut di ruang rapat Kantor Bupati Keerom, pada Kamis (20/6) kemarin. Turut hadir, Asisten I Setda Keerom, Sucahyo Agung, Kadis Infokom, Megiken Bangun. Serta ketiga organisasi, yaitu Ketua ORARI Keerom, Meidi Simatupang, Ketua RAPI Wilayah 03 Keerom, Mashudi, dari Senkom, Djumanggin, beserta jajaran dan anggota masing-masing organisasi.

Kegiatan berlangsung dalam suasanan cair dan hangat. Akhirnya diperoleh kesepakatan untuk membentuk wadah untuk menyatukan gerak dari radio komunikasi di Keerom dalam Bankom (bantuan komunikasi). Yang teknis pembentukannya akan dilakukan segera dengan berkoordinasi dengan pihak teknis terkait.

Sekda Keerom, Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM, mengemukakan kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari Pemkab Keerom untuk menyatukan organisasi radio yang ada di Keerom.

Keberadaan Organisasi Radio Komunikasi di Keerom telah berkembang, baik yang tergabung dalam ORARI, RAPI maupun Senkom. Untuk menyatukan peran ketiga organisasi tersebut, maka Pemkab Keerom melakukan rapat koordinasi dengan ketiganya untuk menyatukan peran ketiganya dalam Bankom (bantuan komunikasi). (Arif / HPP)

‘’Memang sudah lama hal ini jadi impian kita, agar semua organisasi radio yang ada di Keerom kita bentuk wadah Bankom yang fungsinya untuk membantu pemerintah dan masyarakat untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial, ketertiban dan kemasyarakatan di Kabupaten Keerom,’’ungkapnya kepada wartawan, usai kegiatan, Kamis (22/6) kemarin.

Ia juga mengharapkan agar dalam pembentukan Bankom, semua organisasi radio bisa bersama dan bersinergi untuk bisa melayani masyarakat yang bersifat ‘force majour’ seperti bencana alam, dll.

Namun ia mengakui bahwa untuk membentuk Bankom memang ada beberapa kesulitan teknis yang mengemukaka dalam pertemuan tersebut. ‘’Namun kita sudah sepakat untuk kendala-kendala teknis tadi bisa kita atasi dalam waktu dekat, seperti kebutuhan Repiter seperti yang disampaikan ORAI dan RAPI. Selain itu agar jangkauan HT bisa lebih maksimal kita perlu adanya RPU dan lainnya sebagai penunjang untuk radio komunikasi bisa menjangkau dari sini hingga ke wilayah Skanto, Senggi, dll,’’lanjutnya.

Sementara itu Ketua RAPI Wilayah 03 Keerom, Mashudi, menyampaikan dukungannya atas rencana tersebut. ‘’Kami siap dukung dan setuju, untuk mensinergikan semua organisasi radio dan Pemkab Keerom,’’ujarnya.

Hal senada dikemukakan Ketua ORARI Keerom, Meidi Simatupang, bahwa pihaknya  sangat setuju hal ini, mana yang telah kita rencanakan ini yaitu Bankom mari kita kerja bersama. ORARI siap membantu baik dari amatirnya dan teknisnya juga,’’tuturnya.

Sementara itu Kadinas Infokom Keerom, Megiken Bangun menyampaikan pihaknya akan segera menindaklanjuti pertemuan tersebut agar bisa segera terwujud. ‘’Saya harap kita semua komitmen untuk bersama-sama mewujudkan hal ini dalam waktu dekat,’’pungkasnya.(rif)