Tingkatkan Kesadaran Pembayaran Pajak, Bapenda Kota Jayapura Laksanakan Pekan Panutan

0
98
Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, yang turut mengambil bagian dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan di Kantor Walikota menjelaskan, apa yang di lakukan Bapenda saat ini menjadi contoh kepada warga kota, khususnya ASN untuk taat membayar pajak. Tampak berdiri bersama Kepala Dinas Bapenda Kota Jayapura, Robby Awi. (Gracio / lintaspapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Jayapura, melaksanakan pekan panutan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak dan Retribusi Daerah terutama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam ruang lingkup Pemerintah Kota.
Kepala Dinas Bapenda Kota Jayapura, Robby Awi, menjelaskan kegiatan ini dilakukan agar mempermudah ASN yang mempunyai kesibukan untuk membayar pajak. Tampak suasana pelayanan pajak. (Gracio / lintaspapua.com)
Titik-titik yang dijadikan lokasi dalam melaksanakan pelayanan secara langsung diantaranya kantor wali kota (main hall), kantor Otonom wilayah kantor Wali Kota, kantor Otonom Provinsi Papua, dan di kantor Gubernur Provinsi Papua.
Kepala Dinas Bapenda Kota Jayapura, Robby Awi, menjelaskan kegiatan ini dilakukan agar mempermudah ASN yang mempunyai kesibukan untuk membayar pajak.
“Kami langsung melakukan pelayanan dikantor-kantor agar mereka dapat membayar pajak dengan cepat dan mudah,” kata Robby Awi, di sela-sela kegiatan Selasa, 18 Juni 2019.
Pihaknya berharap Bapenda kota terus melakukan sosialisasi kepada seluruh wajib pajak dan wajib retribusi di wilayah kota untuk senantiasa selalu membayar pajak dan retribusi daerah tepat waktu.
“Karena dengan membayar pajak dan retribusi daerah maka hal itu dapat membantu pemerintah kota membangun infrastruktur jalan, jembatan, air dan penerangan di kota Jayapura. Oleh karena itu kami selalu mempunyai moto, ” Ko tra kosong kalau ko tidak bayar pajak”,  katanya.
Robby menuturkan bahwa Bapenda kota menargetkan PAD tahun 2019  ini sebesar 195 miliar dan penerimaan sampai hari ini sebesar 91 miliar lebih .
 “Jadi dari sisi jenis pajak yang kita telah dilaksanakan  telah capai target yaitu pertama dari sisi pajak reklame, pajak restouran, pajak bumi dan bangunan dari sisi capaian target per bulan. Hari ini Bapenda kota jayapura melaksanakan pekan panutan dibeberapa titik di lingkup Pemerintah kota Jayapura,” ujarnya.
Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, yang turut mengambil bagian dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan di Kantor Walikota menjelaskan, apa yang di lakukan Bapenda saat ini menjadi contoh kepada warga kota, khususnya ASN untuk taat membayar pajak.
“Kerena dengan pajak ini kita bisa bangun jalan, jembatan, rumah sakit, sekolah, dan itu semua dari kontribusi pajak.Tahun ini jumlah wajib pajak di kota Jayapura sebanyak 50.325 WP, dengan jumlah sebesar 31 Miliar lebih. Dan setiap tahun PAD tetap tercapai,” kata Benhur.
Walikota yang sering disapa BTM ini menghimbau kepada masyarakat wajib pajak di kota Jayapura,  untuk dapat membayar pajak tepat waktu. Selaku Walikota Jayapura pihaknya mengapresiasi masyarakat yang terus meningkatkan kesadarannya dalam membayar pajak.
“Ini terlihat selama lima tahun, tingkat kesadaran masyarakat cukup tinggi, ini di wujudkan dengan adanya surplus dari jumlah Wajib Pajak yang di siapkan itu melebihi target yang di tentukan. Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat asli daerah khususnya ondoafi, kepala suku, dan akhirnya mereka bisa membayar pajak, padahal dulunya mereka menolak,” tandasnya.  (Gracio/lintaspapua.com)