15 Siswa PAUD Handayani Biak Numfor Dinyatakan Lulus : Belajar Bahasa Daerah Sejak Dini

0
89
Plt. Kepala SKB Biak, Margaretha Singgamui, S.Pd., saat memberikan sambutannya dalam acara pelepasan siswa PAUD Handayani. (Viona / lintaspapua.com)

BIAK (LINTAS PAPUA) – Pelepasan Siswa – siswi Paud Handayani SKB Kabupaten Biak Numfor berlangsung meriah. Acara pelepasan digelar di Halaman Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Biak, Jumat (21/06/2019)

Plt. Kepala SKB Biak, Margaretha Singgamui, S.Pd., saat memberikan sambutannya dalam acara pelepasan siswa PAUD Handayani. (Viona / lintaspapua.com)

Sebanyak 15 siswa – siswi PAUD Handayani Angkatan ke XIV di luluskan dengan ditandai dengan pemberian Ijazah oleh Margaretha Singgamui, S.Pd selaku Kepala SPNF / SKB Biak. Acara pelepasan ini juga diisi dengan paduan suara dari Siswa – siswi kelas A dan juga kelas B. Selain itu ada juga Tarian serta puisi yang dibacakan oleh salah satu siswi PAUD tersebut.

Margaretha Singgamui, S.Pd selaku Plt kepala SPNF/SKB Kabupaten Biak Numfor dalam sambutannya mengatakan Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kabupaten Biak Numfor merupakan UPTD dari Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor yang menangani berbagai layanan.

Diantaranya Pendidikan Anak Usia Dini. SKB Biak juga melayani kesetaraan pendidikan dan berbagai kursus pelatihan. Kemudian ada juga pendidikan keaksaraan dan life skill yang bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dibutuhkan.

“Untuk peningkatan layanan khususnya PAUD, pada ulang tahun PAUD di dua bulan lalu kami sudah meresmikan 3 gedung yang akan dipakai dan sudah diubah statusnya menjadi PAUD holistik integratif, dengan bertambahnya layanan kami yaitu ada layanan penitipan anak dan juga ada layanan Posyandu,” ucapnya.

“Jadi di dalam satu PAUD ada berbagai layanan yang dilayani di sana.Selain itu, PAUD Handayani juga menerapkan Kurikulum K13 Plus dalam arti ada Bahasa Biak dan juga Bahasa Inggrisnya,” ujar Margaretha.

Margaretha juga mengungkapkan, rasa terharunya serta bangga, PAUD Handayani telah diberikan kepercayaan oleh para orangtua siswa untuk mengajar serta memberikan ilmu yang berguna bagi siswa – siswi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih lanjut di tingkat Sekolah Dasar.

“Saya merasa haru tetapi juga ada perasaan bangga karena kita tidak lagi ketemu dengan anak – anak yang luar biasa ini. Tetapi juga bangga, sebagai lembaga di sini saya bangga karena anak – anak ini sudah kami bekali dengan sesuatu yang baik, sehingga ke depan dia mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di tingkat Sekolah Dasar.” Ungkap Margareta

Margaretha juga menambahkan, Paud Handayani Biak juga membuka pendaftaran siswa baru, bagi Para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya agar dapat datang langsung untuk mendaftarkan anaknya di SKB Biak. Paud Handayani menerapkan sistem belajar Kurikulum k13 plus yang berbeda dari PAUD lainnya. Dimana dalam Kurikulum K13 Plus ini, para siswa diajarkan bahasa Byak dan juga Bahasa Inggris. (Vio)