JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Sejumlah Cabang Olahraga (Cabor) dari 20 cabor yang akan di pertandingkan pada POPNAS bulan Oktober 2019 telah masuk penampungan yang telah disiapkan oleh Disorda Papua mulai hari Kamis, (20/06/2019).

Sekertaris TC POPNAS Papua,  Isak Haurisa, mengatakan hari ini sejumlah cabor dari daerah sudah tiba untuk masuk penampungan hanya saja dari tim basket putri yang terkendala karena masih mengurus administrasi pendidikan.

“Hanya basket putri dengan pelatihnya dari Merauke belum hadir karena masih mengurus administrasi. Karena ada siswa yang baru lulus masuk SMA ini yang mereka sedang urus dulu. Selain putri semua cabor dari daerah sudah ada dan langsung masuk penampungan,” ujar Isak Haurisa,  kepada media ini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, (20/06/2019).

Menurutnya semua sudah harus masuk ke penampungan seperti Kota Jayapura, Keerom dan daerah lainnya sudah ada dipenampungan. Dirinya mengaku yang mungkin keterlambatan hanya dari Merauke untuk tim basket putri, adminitrasi ini yang sangat penting agar mereka tidak perlu lagi mau datang terus karena administrasi mereka balik. “Ini sangat baik agar mereka tidak perlu mengurus administrasi tapi fokus untuk TC sesuai target mereka,” terangnya.

Isak mengatakan sesuai target dari Pak Kadis itu juga kita harus bisa finis di urutan 5 besar apalagi kita sebagai tuan rumah. Namun dirinya yakin dan lihat bahwa tekad dari masing-masing cabor atletnya sangat siap, ini tergantung keseriusan dari atlet sehingga saya melihat bisa saja kita akan finis diurutan dua atau tiga besar tergantung keseriusan.

Dalam pengarahan itu saya sampaikan bahwa semua atlet harus pikirkan baik. Sekarang ada satu hal yang harus kalian tahu apa yang dikatakan oleh Presiden Amerika pada pasukannya.

“Jangan You (Kamu) tanya, apa yang negara berikan kepada kamu. Tapi harus kamu tanya apa yang kamu harus berikan kepada negara. Sekarang meotivasi itu yang kita sampaikan kepada kita punya anak-anak apa yang Papua kasih kepada kamu, tapi harus kau bertanya kepada diri kamu apa yang saya harus berikan kepada Papua. Inilah saatnya kalian buat untuk Papua siapa lagi kalau bukan kita,” ungkap Isak Haurisa saat memberikan motivasi kepada para atlet.

Sebelumnya, dipastikan sebanyak 3995 atlet potensial dari seluruh kontingen dari 34 Provinsi akan diturunkan pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke-XV di Tanah Papua pada bulan Oktober tahun 2019 mendatang.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Daud Ngabalin mengatakan, bahwa 3995 atlet ini akan saling bersaing untuk meraih medali pada 20 cabang olaharaga yang akan dipertandingkan.

“Secara keseluruhan atlet Popnas itu 3995, pelatih 884, official 319, jadi total keseluruhan itu berjumlah 5198,” ungkap Daud Ngabalin disela-sela rapat koordinasi teknis persiapan penyelenggara PON XX dan Peparnas XVI yang berlangsung di Hotel Aston Jayapura, Kamis (2/5/2019) malam.

Dikatakan Daud, bahwa Pemerintah Provinsi Papua melalui Disorda Papua sudah sangat siap untuk menyambut olahraga pelajar tiga tahunan tersebut.

“Terakhir kita bicara tentang bagaimana sinergitas antar akomodasi dan pertandingan. Kita berharap pertandingan di Popnas dan akomodasi itu bisa sejalan begitu pun dengan Paparpenas yang mempertandingan 6 cabang olahraga, jadi kita berharap semua fungsi ini bisa sejalan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Daud, bahwa kesiapan tiap bidang pun hingga saat ini sudah sangat siap, baik dalam pembiyaan yang ditanggung oleh pemerintah provinsi Papua dan Kemenpora RI.(GM)