HUT Ke – 27 PDAM Jayapura Launching Dua Aplikasi : Wali Kota BTM Ajak Tertibkan Pelanggan

0
85
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 di lapangan upacara kantor PDAM Jayapura, Kamis, (20/6/2019). (Gracio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 di lapangan upacara kantor PDAM Jayapura, Kamis, (20/6/2019).

Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., yang bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT tersebut mengatakan, PDAM Jayapura dapat menertibkan pelanggan-pelanggan yang tidak mengikuti aturan.

Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., yang bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT tersebut mengatakan, PDAM Jayapura dapat menertibkan pelanggan-pelanggan yang tidak mengikuti aturan. Tampak dalam suasana kegiatan. (Gracio / lintaspapua.com)

“Pelanggan tidak boleh melakukan pembocoran pipa, ini adalah tindakan melawan hukum, hal ini juga tidak boleh di biarkan. Saya juga minta kepada PDAM melakukan kordinasi di lapangan agar supaya penyambungan ke masyarakat mengikuti aturan yang tersedia,” tegas Walikota, usai memimpin upacara.

 

Ditambahkan, peringatan HUT ke-27 PDAM Jayapura, Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Kabupaten Jayapura mengharapkan ada peningkatan dan inovatif yang baru dalam melayani masyarakat di kota dan kabupaten.

Dikatakan, Benhur Pemerintah Kota setiap tahun telah memberikan dana hibah sekitar empat Miliar dalam penyambungan kepada masyarakat yang tidak mampu.
“Saya ingin agar supaya tidak ada keluhan air tidak mengalir 1 minggu. Ini harus cepat di layani juga melakukan operasi, karena PDAM kan telah bekerja sama dengan polres, jadi kalau ada penyambungan liar, pembocoran pipa utama, harus di proses hukum,” ujarnya.

Pemerintah kota juga mengucapkan terima kasih kepada para teknis PDAM yang melayani para pelanggan di wilayah kota dan kabupaten.

Wali Kota yang akrab disapa BTM ini juga menghimbau untuk para karyawan PDAM untuk melapor ke dewan pengawas jika ada hal-hal yang belum diselesaikan, atau kinerja dari Direktur dan para Direksi pelyanannya kurang bagus, maka segera dilaporkan untuk kemudian dilakukan evaluasi.

“Saya minta para karyawan harus bersatu, bekerja sama dalam memberikan pelayanan air bersih di wilayah kota dan kabupaten, sehingga moto kita yaitu satu hati membangun kota ini bisa dirasakan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) PDAM Jayapura, Entis Sutisna mengatakan bersama dengan perayaan HUT ke- 27 PDAM Jayapura, PDAM secara resmi melaunchin dua aplikasi oleh Wali Kota Jayapura yakni Sistem Infomasi PDAM pintar (SiPDAM) dan Geografi Informasi Sistem ( GIS).

Dijelaskannya, aplikasi ini merupakan inovasi dari segenap jajaran tukang leden untuk melakukan perubahan pelayanan yang sebelumnya secara manual dan sekarang dengan sistem aplikasi.

Manfaatnya sambung Entis, yang bisa di rasakan dari aplikasi ini yakni masyarakat akan di permudah dalam membayar rekening air, yang sementara melalui kantor pos di seluruh Indonesia, dan juga akan di layani melalui ATM, HP dan perbankan yang telah di sediakan.

Ditambahkan, aplikasi ini juga akan melihat data secara rill misalnya para Direksi akan melihat berapa pembayaran pelanggan setiap hari hingga satu tahun anggaran.Dan juga akan memberikan kemudahan juga bagi masyarakat yang melakukan sambungam baru.

Sementara itu untuk aplikasi Geografi Informasi Sistem ( GIS) juga adalah upaya PDAM untuk mendigitasi peta jaringan yang ada di Jayapura,
“Selama ini setiap pembangunan proyek dan jaringan pipa datanya itu hanya bersifat manual, dan sekarang sudah ada aplikasi GIS untuk lebih mempermudah lagi. Sehingga dengan aplikasi ini kita mendigitasi berapa sebenarnya jumlah pipa yang ada di Jayapura dan titik koordinat pun bisa diketahui,” katanya

Entis mengharapkan kedepan aplikasi ini akan mempengaruhi dan mempermudah masyarakat dalam pelayanan. (Gracio/lintaspapua.com)