Piala Menpora Galanita U-17 Resmi Bergulir : Anike Rawar Buka Kegiatan Wakili Kemenpora

0
164
Suasana Pembukaan Kegiatan. Turnamen Galanita Piala Menpora U-17 Regional Papua, resmi bergulir, dengan diikuti oleh 5 tim yakni, Mimika, Nduga, Dekai FC, PSK Kayo Pulo dan Swallow FC, pertandingan itu dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua, Anike Rawar, Amd, Keb, berlangsung di lapangan Argapura, Minggu, (15/06/2019). (MG/ Sport Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Turnamen Galanita Piala Menpora U-17 Regional Papua, resmi bergulir, dengan diikuti oleh 5 tim yakni, Mimika, Nduga, Dekai FC, PSK Kayo Pulo dan Swallow FC, pertandingan itu dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua, Anike Rawar, Amd, Keb, berlangsung di lapangan Argapura, Minggu, (16/06/2019).

 

Turnamen Galanita Piala Menpora U-17 Regional Papua, resmi bergulir, dengan diikuti oleh 5 tim yakni, Mimika, Nduga, Dekai FC, PSK Kayo Pulo dan Swallow FC, pertandingan itu dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua, Anike Rawar, Amd, Keb, berlangsung di lapangan Argapura, Minggu, (15/06/2019). (MG/ Sport Papua)

Kepala Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua,  Anike Rawar mengatakan, pertama kita harus mengucap syukur kepada Tuhan, karena di tahun ini kami Papua di percayakan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga bisa melaksanakan turnamen galanita U-17 dimana akan memperebutkan hadiah dari Kemenpora.

Turnamen ini diikuti oleh beberapa Kabupaten dan klub yang ada. Dimana hari ini kita bisa melaksanakan pertandingan ini di lapangan Argapura.

“Saya melihat iven ini sangat luar biasa dimana ada talenta-talenta yang tersembunyi para perempuan-perempuan dalam dunia persepakbolaan dan tidak boleh kami melihat ini sebelah mata,” ujar Anike Rawar kepada, wartawan di lapangan Argapura, Minggu, (16/06/2019).

Kami Pemerintah Provinsi Papua dan seluruh Kabupaten dan Kota kalau hari ini yang ikut dalam turnamen ini hanya beberapa Kabupaten saja maka tahun depan kita akan buka iven ini lagi dan harapan kami semua Kabupaten dan Kota bisa ikut serta dalam kegiatan yang sangat luar biasa ini.

“Dengan turnamen ini juga kita bisa melihat para atlet-atlet perempuan dengan usia 17 tahun in. Apabila punya kualitas bermain yang luar biasa kami akan mengikutkan mereka dalam pesta PON 2020 untuk memperkuat tim galanita Papua,” tuturnya.

Ditambahkannya juga atas nama Pemerintah Provinsi Papua, kami ucapkan terima kasih kepada para pelatih yang telah mengantarkan para perempuan dengan talenta yang sangat luar biasa untuk datang bertanding di Kota Jayapura.

Turnamen Galanita Piala Menpora U-17 Regional Papua, resmi bergulir, dengan diikuti oleh 5 tim yakni, Mimika, Nduga, Dekai FC, PSK Kayo Pulo dan Swallow FC, pertandingan itu dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua, Anike Rawar, Amd, Keb, berlangsung di lapangan Argapura, Minggu, (15/06/2019). (MG/ Sport Papua)

“Dari sini apabila ada yang juara kami akan mengantarkan tim ini untuk ke Jakarta mengikuti Kejuaraan Kemenpora yang akan berlangsung di beberapa daerah di pulau Jawa. Oleh sebab itu kami juga meminta dukungan dari semua masyarakat Papua agar turnamen ini dapat berlangsung dengan baik, sesuai dengan talenta yang Tuhan berikan kepada anak-anak kami yang bertanding,” urainya.

Kami juga memberikan apresiasi kepada Anita Sada yang telah hadir dengan kami disini dan merupakan pemain Timnas Galanita Indonesia, ini sesuatu yang sangat membanggakan bagi kami Provinsi Papua,  karena ada talenta-talenta wanita yang sangat luar biasa.

“Dia juga akan memperkuat tim PON galanita Papua 2020 nanti. Kami perempuan Papua tidak akan tinggal diam dan kami akan bersaing dengan saudara-saudara kita dari luar,” bilangnya.

Sementara itu Koordinator Turnamen Galanita,  Natalia Tulungan mengatakan Liga putri piala Menpora U-17 ini yang pertama kali di Papua dan akan dilanjutkan setiap tahun.

“Jadi ini merupakan tahun pertama kita selenggarakan iven ini. Iven ini di ikuti oleh lima klub dari. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Yahukimo, Dekai dan Nduga,” terangnya.

Natalia Tulungan menambahkan,  mereka ikut serta karena kita kasih batas pendaftaran terakhir tanggal 2 kemarin mereka bisa mendaftar. Dijelaskannya memang ada beberapa daerah seperti Biak, Lanny Jaya mereka mau ikut tapi mereka terlambat tapu tidak apa-apa tahun depan bisa mereka ikut.

“Jadi tahun pertama ini kita gelar langsung seri provinsi. Sebenarnya untuk liga berjenjang piala menpora ini sudah dilaksanakan usia 12, 14, 16 itu harus diselenggarakan seri Kabupaten dulu. Tapi untuk liga putri punya kita diberikan kesempatan langsung gelar seri provinsi jadi tidak melalui Kabupaten lagi,” katanya.

Setelah dari sini yang juara langsung ke seri nasional tanggal 5-10 Agustus di Bandung Jawa Barat. Kami harapkan dengan adanya kegiatan ini Gubernur bisa lihat dan orang-orang besar yang ada bisa lihat bahwa ada perempuan yang bermain bola bermain bagus dan harus medapatkan dukungan.

Sistem pertandingannya kami memakai sitem scudeto jadi semua tim akan ketemu dan siapa yang mempunyai poin terbanyak dia yang akan keluar sebagai juara. (MG / Lintas Papua Sport )