KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna Resmikan Skadron Udara 27 di Biak

0
90
Kasau saat memimpin Upacara Peresmian Skadron Udara 27 di Apron Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak. (Viona / lintaspapua.com)

BIAK (LINTAS PAPUA) – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E. M.M pimpin langsung Upacara peresmian Skadron Udara 27. Upacara berlangsung di Apron Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak, Kamis (13/06/2019)

Kasau saat memimpin Upacara Peresmian Skadron Udara 27 di Apron Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak. (Viona / lintaspapua.com)

Dalam Sambutannya, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E. M. Mengatakan bahwa sejak Koopsau III diresmikan pada tanggal 11 Mei 2018, TNI Angkatan Udara terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan kekuatan udara Koopsau III. hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan nilai strategis Koopsau III dalam menjawab tantangan di bidang pertahanan yang semakin kompleks khususnya aspek udara di wilayah Timur Indonesia.

“Sebagai langkah awal TNI Angkatan Udara membentuk Skadron Udara 27 dengan kekuatan pesawat angkut sedang. Skadron Udara 27 memiliki peran krusial untuk mewujudkan nilai strategis Koopsau III dengan mendukung mobilitas pasukan ke daerah-daerah terpencil dan patroli udara di daerah perbatasan wilayah Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ujar Kasau

Kasau juga menjelaskan bahwa Skadron Udara 27 juga memiliki peran esensial untuk mendukung program Pemerintah dalam pemerataan harga kebutuhan dengan mendukung kelancaran Angkutan Udara di wilayah – wilayah yang terisolir sehingga dapat menunjang pelayanan roda perekonomian masyarakat di tanah Papua. untuk dapat memaksimalkan peran strategis tersebut kesiapan dan jumlah pesawat Skadron Udara 27 akan terus ditambah secara bertahap sesuai dengan rencana strategis TNI Angkatan Udara yang telah ditetapkan.

Kasau saat memimpin Upacara Peresmian Skadron Udara 27 di Apron Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak. (Viona / lintaspapua.com)

“Untuk itu saya meminta agar Skadron Udara 27 memantapkan tekad untuk memberikan yang terbaik sehingga dapat memastikan keberhasilan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan tersebut.” Jelas Kasau

Skadron Udara 27 sebagai kesatuan baru harus segera menyesuaikan diri dalam kegiatan operasi TNI Angkatan Udara di wilayah Papua wilayah ini memiliki Medan yang sangat menantang dan cuaca yang sangat sulit untuk ditebak sehingga sangat dinamis saya menekankan agar Skadron Udara 27 melaksanakan operasi penerbangan dengan memprioritaskan keselamatan Perhubungan dan kerja sehingga operasi penerbangan dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

“saya menekankan kepada seluruh personil Skadron Udara 27 untuk melanjutkan program road to zero accident yang telah kita canangkan secara konsisten, terpadu dan berkesinambungan. Melakukan pendataan dan analisis terhadap potensi Hazard kemudian ambil langkah preventif untuk memitigasi Hazard tersebut sehingga tidak berkembang menjadi insiden dan accident. kalkulasikan secara matang setiap Risk dan Benefit yang mungkin timbul dari setiap kegiatan.” Kata Kasau

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kasau juga menyampaikan selamat kepada Letkol PNB Trinanda Hasan Febrianto sebagai komandan Skadron Udara 27 yang pertama. “Saya yakin meskipun baru saja dibentuk, di bawah kepemimpinan saudara, Skadron Udara 27 ini akan dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara optimal sehingga dapat mewujudkan eksistensi TNI angkatan udara dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.” Tutur Kasau.  (Viona / lintaspapua.com)