JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, FX Motte memastikan program Dana Alokasi DAK 2020 bakal difokuskan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di bumi cenderawasih.

Hal demikian sebagaimana, kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang memastikan memberi dukung penuh terhadap pelaksanaan PON XX tahuun 2020 di Provinsi Papua.

Motte mengatakan hal itu kepada pers disela-sela rapat sinkronisasi program dan kegiatan DAK tahun anggaran 2020 serta pemantapan kegiatan pendukung PON XX tahun 2020, Senin, (27/5), di Jayapura.

Menurut dia, hasil dari kegiatan tersebut telah menyepakati beberapa kegiatan dengan dinas kelautan dan perikanan kabupaten/kota, fokus untuk mensukseskan PON.

Kendati demikian, pihaknya tetap berharap ada dukungan anggaran dari Bupati dan Walikota kepada dinas kelautan dan perikanan setempat.

“Kami harapkan bupati dan walikota juga bisa memberikan dukungan, agar program kerja dari dinas perikanan untuk mendukung PON di Papua bisa berjalan lancar dan sukses,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Motte memastikan tengah mendorong peningkatan komoditas unggulan perikanan di lima wilayah adat, dengan harapan mampu menjadi motor penggerak ekonomi utama di daerah-daerah, sekaligus mendukung stok ikan untuk PON.

“Apalagi telah dibangunnya empat infrastruktur perikanan melalui instansi terkait, guna menunjang masyarakat dalam mengembangkan usaha perikanan. Yakni, Balai Benih Ikan Sentral (BBIS) di Jayapura, Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Bosnik Biak di Biak Numfor, Pelabuhan Perikanan Merauke dan pangkalan pendaratan ikan (PPI) Pumako di Timika”.

“Kita harap kehadiran sejumlah infrastrukturu ini bisa membantu Papua dalam mendukung pelaksanaan PON,” tutupnya.  (Koran Harian Pagi Papua)