Kadiv Imigrasi Papua Ajak Kanim TPI Biak Tingkatkan Pelayanan : Data Orang Asing dan Evaluasi SIMKIM 2.0

0
82
Suasana saat foto bersama dalam kegiatan Sistem Informasi ((LAPORAN TIM HUMAS KANIM KELAS II TPI BIAK )Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) 2.0 layanan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, hari ini (24/5/2019) dievaluasi langsung oleh Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Papua, Hermansyah Siregar,  Jl. Jend. Sudirman No.01, Fandoi, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua. ((LAPORAN TIM HUMAS KANIM KELAS II TPI BIAK )

BIAK (LINTAS PAPUA)  –  Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) 2.0 layanan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, hari ini (24/5/2019) dievaluasi langsung oleh Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Papua, Hermansyah Siregar,  Jl. Jend. Sudirman No.01, Fandoi, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Selain mengevaluasi pelayanan SIMKIM, Hermansyah Siregar yang didampingi Kepala Seksi Intelijen Keimigrasian, Ben Yuda Karubaga beserta rombongan melakukan Pendataan Orang Asing. (Humas Kemenkumham)

Selain mengevaluasi pelayanan SIMKIM, Hermansyah Siregar yang didampingi Kepala Seksi Intelijen Keimigrasian, Ben Yuda Karubaga beserta rombongan melakukan Pendataan Orang Asing.

Hal ini disambut baik oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Edward Infaindan, bersama jajaran Kanim Biak.

Hermansyah Siregar dalam arahannya, berpesan dengan adanya SIMKIM Versi 2.0 insan Imigrasi di Wilayah Papua dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan keimigrasian.

” Kantor Imigrasi Biak Wilayah kerjanya sangat luas, hingga ke Nabire, jadi perlu adanya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” Ujarnya

Kepala Divisi Imigrasi, Hermansyah Siregar menyebut kegiatan monitoring dan evaluasi ini digelar agar permohonan paspor dibuat sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan SIMKIM yang diterapkan.


Dijelaskan lebih lanjut oleh Hermansyah Siregar, pemakaian aplikasi SIMKIM versi 2.0 guna penerbitan paspor atau Surat Perjalanan Republik Indonesia wajib memakai NIK sebagai data awal dalam permohonan paspor.

Menurutnya NIK telah terkoneksi dengan pusat data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, hal ini guna, meminimalisir terjadinya pemalsuan data pemohon tersebut.

Dikatakan Kadiv Imigrasi di selah evaluasi bersama jajaran Kanim Biak bahwa hadirnya SIMKIM versi 2.0 ini, Direktorat Jenderal Imigrasi melalui Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak dapat melakukan pelayanan lebih cepat, tepat dan lebih baik kepada masyarakat Biak dan di luar Kabupaten Biak.

Data yang kami himpun, kata Hermansyah, pada Kanim Kelas II TPI Biak Kitas berjunlah 30 orang, ITK 13 orang, sementara untuk pemegang kitab berjunlah 4 orang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Biak, Edwar Infaindan mengakui penggunaan SIMKIM versi 2.0 dalam pelayanan paspor dan izin tinggal orang asing lebih cepat. Infaindan optimis dengan SIMKIM pelayanan paspor pada Kanim Biak dapat mencegah pemalsuan data yang masuk.

Berkaitan dengan strategi dalam peningkatan pelayanan di lapangan, Infaindan mengaku kami memberikan pelayanan paspor mobile kepada jamaah haji dan masyarakat yang berada berada d luar pulau Biak.

Sebelumnya (23/5) Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM RI Kantor Wilayah Papua, Hermansyah Siregar beserta rombongan menyemlatkan melaksanakan Safari Ramadan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak.

Pada, Kamis tanggal 23 Mei 2019 mengikuti kegiatan Buka Puasa Bersama di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, yang juga dihadiri oleh unsur CIQ yakni Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina.

CIQ (Custom, Immigration, Quarantine), yaitu lembaga pemerintahan yang bertugas mengatur, mengawasi dan mengamankan lalu-lintas keluar masuknya manusia, barang-barang dan mahluk hidup lainnya demi tegaknya kewibawaan pemerintah suatu Negara.

Hermansyah Siregar, pada acara buka puasa bersama menegaskan akan arti penting serta manfaat yang diperoleh dari menyambung hubungan silahturahim, terlebih lagi pada Bulan Ramadan yang penuh keberkahan ini.

“Ada dua manfaat yang akan kita peroleh dari menjaga silahturrahim, yang pertama kita akan dipanjangkan umur dan Allah akan melapangkan rejeki kita”, tegas Hermansyah”.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Berbuka Puasa Bersama, Shalat Maghrib berjamaah, Makan Malam dan Ramah tamah. (LAPORAN TIM HUMAS KANIM KELAS II TPI BIAK )