JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka menciptakan lingkungan asri, nyaman, sejuk, rindang dan indah, Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano, MM., bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si menanam turus jalan protokol Waena-Sentani. Wali Kota Jayapura menyerukan ajakan untuk menyelamatkan cagar alam Cyclop di tanah Tabi, yang juga menyambut PON XX tahun 2020.

“Hari ini kita tanam pohon untuk tanah Tabi yang sudah rusak dan rapuh, para bupati dan wali kota se-tanah Tabi telah berkomitmen untuk menyelamatkan hutan, tanah, laut dan danau kita,” ujar Wali Kota, Dr. Benhur Tomi Mano, MM.,  pada penanaman turus jalan protokol di batas kota, distrik Heram, Jumat 24 Mei 2019.

Musibah banjir bandang yang melanda Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura pada 16-17 Februari 2019, yang disebabkan oleh ulah oknum yang menebang secara liar tersebut selain menelan ratusan korban jiwa, juga berdampak pada infrastruktur yang rusak.

Wali Kota pada kesempatan itu mendukung 100% Kabupaten Jayapura menuju Adipura. “Tuhan menempatkan kita manusia untuk menjaga, memelihara dan melestarikan alam. Belum terlambat selamatkan hutan kita, mari kita hijaukan Kabupaten Jayapura. Saya Wali Kota Jayapura mendukung 100% Kabupaten Jayapura menuju Adipura,” katanya.

WALI KOTA JAYAPURA,  DR. BENHUR TOMI MANO, MM., BERSAMA BUPATI JAYAPURA,  MATHIUS AWOITAUW, SE, M.Si., SEKDA KOTA JAYAPURA, DR. FRANS PEKEY, M.Si., dan  DINAS KEHUTANAN PROVINSI PAPUA. (Humas Kota Jayapura)

Bupati Jayapura,  Mathius Awoitauw, SE, M.Si., mengatakan, penanaman turus jalan protokol merupakan gerakan nyata yang diprakarsai oleh Dinas Kehutanan Provinsi Papua. Dengan tujuan menambah tutupan lahan yang mencegah erosi, banjir dan tanah longsor.

“Penanaman juga sebagai upaya konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon, mengurangi dampak global warming dan perubahan iklim, serta mengembalikan kondisi lingkungan pada skala mikro dan meningkatkan fungsi daya pendukung lahan,” katanya. (HUMAS KOTA JAYAPURA)