JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Hein Karlos Mano, selaku  Letua klasis GKI kota Jayapura membuka dengan doa syukuran Expose kepemimpinan BTM-HARUS 2017-2019, dua tahun kepemimpinan Wali Kota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM., (BTM) dan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM (HARUS), Dua tahun  sudah mampu membawa perkembangan infrastruktur Jayapura. Jumat(24/5/2019).

Kegiatan dilaksanakan di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Jayapura. yag dikemas apik dengan rangkaian buka puasa bersama pemerintah Kota Jayapura, Jumat(24/5/2019).

Wali Kota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tommy Mano, MM, Sudah menyelesaikan beberapa proyek untuk memberikan fasilitas umum bagi kenyamanan masyarakat Jayapura.
“Adanya peningkatan dan penambahan ruas jalan serta pembangunan jalan aspal dan aspal rigid (beton), pembangunan/pemeliharaan saluran drainase dan gorong-gorong sepanjang 1.890 m’, pembangunan talud pengamanan gelombang bronjong pemukiman penduduk sepanjang 320 m. Tak hanya itu, ada pula normalisasi kali pengerukan sedimen sepanjang 3.063 m’ dengan volume sedinen 14.901 m3 serta peningkatan jalan hamadi-holtekamp (blasting) sepanjang 2.600 m’, pembangunan dan pengembangan kantor walikota tahap IIII (lanjutan) dan pembangunan kantor DPRD tahap V (lanjutan),” katanya.


Pria yang biasa di panggil BTM ini mengungkapkan, adanya pembangunan rumah bagi Orang Asli Papua (OAP) dan pembentukan kampung/kelurahan siaga bencana.Pembangunan rumah layak huni tipe 45 sebanyak 43 unit untuk OAP serta adanya rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana di Kota Jayapura, juga pengembangan air bersih dan air minum kepada masyarakat didaerah pinggiran.

Pengembangan air bersih dan sanitasi rehabilitasi pipa sepanjang 10.263 m’, sambungan rumah sebanyak 1.009 SR, MCK 10 unit, sumur 3 unit dan hydrant 9 unit.Sedangkan untuk peningkatan jaringan air minum, kami lakukan di Kampung Koya Tengah, Skouw Yambe, Skouw Sae dan Skouw Mabo 600M.

Kota Jayapura, tampak gedung DPR Papua dan sekitarnya di Pusat Kota paling timur Indonesia di Bumi Cenderawasih. (lintaspapua.com)

Untuk pemasangan LPJU, dilakukan sebanyak 392 buah dan pemeliharaan LPJU, lampu hias, lampu salib dan lampu natal. Dilanjutkan peningkatan kuburan muslim buper waena dan TPU Kristen Tanah Hitam Sepanjang 48 m2.

BTM juga menjelaskan, pengadaan pemasangan rambu lalu lintas sebanyak 24 buah dan pengadaan road barrier 12 buah untuk manajemen rekayasa lalu lintas. telah menambah armada bus sebanyak 5 unit tahun 2018 bagi angkutan pelajar dan masyarakat umum.

BTM focus pada peningkatan akses informasi dan komunikasi seperti media sosial dan internet agar kota modern dan smart city terwujud dalam peningkatan program KOTAKU.

”Namun selama masa kepemimpinan saya dan HARUS, kami tidak programkan adanya penampungan untuk anak jalanan. Karena nanti akan hadir banyak anak jalanan di Kota Jayapura entah darimana asal usulnya untuk tinggal dipenampungan tersebut.” pungkasnya.  (Fransisca/lintaspapua.com)