KEEROM (LINTAS PAPUA) –  Puluhan anggota Linmas dari 4 distrik yang ada di Kabupaten Keerom, mengikuti kegiatan Apel dan Dialog bersama Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang dilaksanakan oleh Dinas Satpol PP Keerom di Aula Kantor Bupati Keerom, kemarin (23/5/2019).

Asisten I Setda Keerom, Sucahyo Agung, saat memberikan sambutannya. (Arif/HPP)

Kasatpol PP Keerom, Kompol Bambang Irawan, pada kesempatan memberikan arahan saat itu mengemukakan harapannya kepada Linmas agar selalu siap melaksanakan tugasnya untuk menjaga Kamtibmas dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat di kampung.

‘’Mari bersama kita ciptakan situasi Kabupaten Keerom yang sehat, tentram aman dan sejahtera. Karena Linmas memang harus hadir dalam acara kegiatan-kegiatan dan bila ada masalah di kampung, contoh pohon tumbang saja, maka Linmas turun tangan apalagi ada masalah lain, ini memang peran Linmas,’’ ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga berpesan kepada Linmas agar sebagai pelindung masyarakat menjadi contoh untuk tidak melakukan kegiatan negative.

‘’Saya minta anggota Linmas untuk jangan aneh-aneh yaitu Miras dan ganja. Kita tahu karena hal tersebut dilarang oleh Tuhan, agama dan aturan UU, tapi yang paling penting yang melarang adalah diri kita sendiri,’’lanjutnya.

Acara memang digagas Asisten I Setda Keerom, Sucahyo Agung dan Kasatpol-PP Keerom, Kompol Bambang Irawan. Keduanya sepakat untuk meningkatkan peran Linmas dalam melaksanakan tugasnya. Keduanya sepakat perlu meningkatkan peran Linmas di Keerom agar lebih berperan dalam menjaga situasi Kamtibmas di Keerom.

Asisten I Setda Keerom, pada kesempatan tersebut mengemukakan menyambut baik atas adanya kegiatan tersebut. ‘’Kegiatan ini sebenarnya taka da dalam daftar kegiatan di DPA, namun kami sepakat bahwa perlu dilaksanakan karena dari evaluasi selama ini Linmas seperti ada dan tiada, padahal dalam laksanakan kegiatan termasuk hajatan Pemilu kemarin, tugas dan peran Linmas ternyata sangat besar,’’ungkapnya.

Kasatpol PP Keerom, Kompol Bambang Irawan, saat memberikan sambutannya. (Arif/ HPP)

Sementara itu,  Kabid Linmas Pol-PP Keerom, Yan Banundi, SE, mengemukakan dalam rangka mengoptimalkan peran Linmas, maka saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan dan validasi data anggota Linmas di Keerom.

‘’Dari data awal yang berhasil kami data sementara 50 anggota Linmas namun hingga saat kita gelar kegiatan hari ini ada tambahan data Linmas sehingga total ada 78 anggota Linmas,’’ungkapnya.

Ia menambahkan tujuan dialog adalah untuk tumbuhkan dan bangkitkan semangat kembali Linmas di Kabupaten Keerom agar bisa lebih berperan dalam rangka mengoptimalkan peran Linmas dalam meningkatkan Kamtibmas di Kampung hingga ke Kabupaten. (Rif  / Koran Harian Pagi Papua)