JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustam Saru, MM.,  mengapresiasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Jayapura. Diharapkan deklarasi ini berdampak positif dan membuat kinerja Kanim Jayapura menjadi lebih baik.

Pencanangan pembangunan zona integritas (ZI) Kanim kelas I TPI Jayapura menuju (WBK) dan WBBM tersebut diawali dengan sambutan Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Papua, Sabar Oliv Iwanggin.

Dikatakan Iwanggin, WBK/WBBM meruapakan suatu hal yang penting bagi sebuah Negara, dan institusi negara yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

” Ini luar biasa ada di Papua, Kanim Imigrasi menjadi role model, untuk instansi vertikal yang ada di Tanah Papua,” Ujar Iwanggin Oliv

Apresiasi karena pelayanan one stop service, seluruh proses pelayanan dilakukan dalam satu tempat, hal ini menurut Iwanggin perlu dipublikasikan untuk diketahui publik yaitu masyarakat Papua.

Senada dengan Ka.Perwakilan Ombudsman RI, Wilayah Papua, selaku Kepala Divisi Keimigrasian, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Papua, Hermansyah Siregar mengatakan, untuk pembangunan ZI menuju Wbk/wbbm dibutuhkan komitmen bersama dari unsur pimpinan hingga staf saling bahu membahu menjadi Tim yang solid.

” Kita harus merubah budaya kerja dan mindset, sebagai ASN harus melayani warga masyarakat, mereka menjadi tuan kita, ” Ungkap Hermansyah Siregar

Dikatakan, Hermansyah perlu diperhatikan juga lingkungan wilayah kerja kita yang cukup strategis di mana kita telah mendapat dukungan yang luar biasa dari isntansi lain tidak hanya ombudsman tetapi juga dari wakil walikota Jayapura.

Gatut Setiawan Kakanim Jayapura, bekerja itu adalah ibadah kita kepada Tuhan, dirinya sangat sangat dan siap menjadi pemenang dari kontestasi Wbk dan Wbbm.

Pelaksanaan acara ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81/2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi, dan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 52/2014 tentang Pedoman Pembagunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Sementara itu Wakil Walikota Jayapura, Rustam Saru mengatakan
tujuan dari pencananagan Wbk dan Wbbm ini guna meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik di wilayah hukum Kanim Jayapura.

Rustam Saru juga mengatakan, pencanangan pembangunan zona integritas akan membawa dampak positif dan membuat kinerja Kanim Jayapura menjadi lebih baik, inovatif dan cepat sehingga memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat Kota Jayapura.

“Ya, ini patut dijadikan contoh, bahwa pemerintahan harus berinovasi, seperti yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura yang telah melakukan pencanangan zona integritas.

Menurutnya, pencanangan pembangunan zona integritas ini merupakan bentuk upaya dalam melakukan pencegahan dini dari permasalahan KKN, maka ini kami sambut sangat positif dalam rangka untuk menjaga integritas.

” Menjaga agar setiap aparat sipil negara di setiap instansi itu bisa bersih, bebas korupsi termasuk menjaga jati dirinya lebih transparan dalm memberikan pelayanan, ” Tegas Rustam Saru

Karena itu, lanjut Wakil Walikota Pemerintah Kota Jayapura sangat memberikan apresiasi karena hal ini menyangkut masyarakat banyak.

Dilanjutkan, Warga kita di kota Jayapura dengan jumlah penduduk hampir empat ratus ribu lebih jika sudah diberikan pemahaman tentang keimigrasian terkait pencanangan yang dilakukan hari ini, sehingga informasi terkait pelayanan muda diketahui masyarakat. Artinya dahulu pelayanan berbelit-belit namun sekarang dengan pelayanan yang sangat cepat.

” Pelayanan cepat yang dilakukan, bisa saja mengurangi biaya transportasi dan bisa menghemat, saya kira ini suatu langkah positif,” tegasnya.

Namun demikian, sebagai salah satu lembaga yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat sudah seharunya mengedepankan peningkatan pelayanan. “Membangun zona integritas itu mewujudkan aparat yang menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran, bebas dari korupsi, suap, pungli dan gratifikasi, dan meningkatkan pelayanan publik yang baik dan konsisten,” ucapnya.

Turut hadir melakukan penandatanganan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas diantaranya, Kapolresta, AKBP Gustav R Urbinas, Komandan Komando Distrik Militer 1701 Jayapura, Letkol. Inf. Johanis Parinusa, Perwakilan dari Kejari Jayapura, Perwakilan Pengadilan Negeri Jayapura, Karudenim Jayapura, dan seluruh Pejabat dan staf Jajaran Keimigrasin Kanwil Kemenkum HAM Papua dan Kanim Kelas I TPI Jayapura. (*)