JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pastor Jhon Bonay, Pr, pimpin Jaringan Damai Papua (JDP) sebagai Koordinator Jaringan Damai Papua -Jakarta, guna melanjutkan kerja-kerja perdamaian di Papua lewat dialog damai yang ditinggalkan oleh Alm. Pater Neles Tebay.

“saya ditunjuk untuk melanjutkan misi perdamaian di papua sebagai koordinator jaringan damai papua (JDP) untuk dialog Papua-Jakarta, yang telah digagas dan ditinggalkan oleh Alm. Pater Neles Tebay” kata Pastor Jhon Bonay, Pr, kepada wartawan, Kamis 23 Mei 2019 di Jayapura, Papua.

Pastor Bonay menyebutkan, peran yang diembannya sebagai Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) untuk Papua – Jakarta adalah sebuah tugas mulia bukan soal politik. Tetapi bagaimana kita membangun jaringan untuk berbicara dialog, bukan mengedepankan kekerasan dalam menyelesaikan persoalan.

Dari namanya saja, jaringan damai, sudah pasti didalamnya kita berbicara tentang hal-hal yang damai.

“Selama ini para pihak berada pada posisi  NKRI harga mati, yang ujung-ujungnya mati, demikian papua merdeka harga mati, toh ujung-ujungnya pun mati. Jika keduanya sama-sama mati, siapa yang membangun Indonesia, dan siapa yang membangun Papua,” jelas Pastor Jhon Bonay.

Pastor menjelaskan pendekatan yang dilakukan Alm. Pater Neles Tebay lebih kepada misioner, dan pendekatan yang akan lakukan dirinya adalah pendekatan spritual, sesuai dengan latar belakang dirinya sebagai hamba Tuhan. (Richard Mayor)