Ribuan Warga Maluku Meriahkan Hari Pattimura di Jayapura

0
70
Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano MM., saat membakar obor Pattimura di GOR Cenderawasih, didamping Sekum Ikemal RD. Siahaya, dan ketua Panitia Rory, C. Huwae. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Perayaan Hari Pahlawan Nasional (HPN) Kapitan Pattimura ke-202 berlangsung meriah. Malam puncak yang berlangsung di GOR Cenderawasih Rabu, (15/5/2019) malam dihadiri ribuan warga Maluku di kota Jayapura.

Diawali dengan lari obor dengan titik star dari kantor Wali Kota Jayapura, menuju ke GOR Cenderawasih. Pelepasan obor oleh Ketua LMA Port Numbay, George Awi.

Dalam Sambutan Sekretaris umum Ikemal ditanah papua, RD. Siahaya mengatakan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia benar-benar dilakukan oleh anak bangsa melalui perlawanan terhadap penjajah, pantang mundur sampai titik darah penghabisan.

“Dengan semangat perjuangan inilah yang kemudian menjadi bagian yang telah dipersembahkan sebelum Indonesia merdeka oleh pahlawan kita, laki-laki kabaresi kapitan pattimura Thomas Matulessy,” katanya.

Walau hanya dengan menggunakan bambu runcing dan parang salawaku sambung Siahaya, namun dengan semangat membara berjuang melawan penjajah

“Hanya dengan satu tujuan, memberikan kebebasan dan kemerdekaan bagi Indonesia khusunya kepada anak cucu Nusa Ina, tanah Nunusaku Manise,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya semangat patriot yang kuat dan sungguh-sungguh dari jiwa kepahkawanan yang telag mengkristal dalam semboyan nilai peradaban telah memberikan motivasi kepada anak-anak Maluku di Papua khususnya kota Jayapura.

Ia berharap dengan warga Maluku bisa berpartisipasi bersama Pemerintah guna membangun tanah Papua juga kota Jayapura.

Melalui momentun ini ia mengajak anak-anak muda Maluku di tanah Papua untuk memerangi musuh dalam diri masing-masing. “Mari kita rapatkan barisan mengokohkan tali persaudaraan pela gandong kita bersama pemerintah memerangi musuh-musuh dalam diri kita seperti kebodohan, keterbelakangan, kebencian, kemalasan, serta KKN dan lain sebagainya,” jelasnya.

“Dengan begitu kita bisa mengisi pembangunan menuju Papua bangkit, mandiri, sejahtera dan berkeadilan, serta mewujudkan kota Jayapura yang maju, mandiri, sejahtera, modern, berbasis kearifan lokal,” katanya menambahkan.

Sementara Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM.,memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Maluku di Kota Jayapura, yang terus memberikan kontribusi positif dalam pembangunan di Kota Jayapur.

“Saya yakin dengan semangat Pattimura yang berani, gagah perkasa telah mendarah daging dalam diri anak-anak Maluku yang ada di sini,” katanya.

Wali Kota menjelaskan, saat ini Indonesia membutuhkan optisme dan tindakan nyata dalam membangun bangsa ini kedepan, sehingga peringatan hari Pattimura bisa dijadikan motivasi untuk maju di area keterbukaan ini.

“Peringatan hari Pattimura dijadikan sebagai momentum semangat dengan memaknai peristiwa Pattimura menjadi modal perjuangan warga Maluku untuk mewujudkan impian dalam semua aspek kehidupan di kota ini,” jelasnya. (Gracio/lintaspapua.com)