Lanud Silas Papare Gelar Buka Puasa Bersama dan Peringatan Nuzulul Qur’an

0
77
Suasana Acara Buka Puasa Bersama dan Peringatan Nuzulul Qur'an, di Masjid Abibal Lanud Silas Papare, Sabtu (18/5/2019) sore pekan kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Nuzulul Qur’an merupakan peringatan diturunkannya Al-Qur’an ke Bumi melalui malaikat Jibril kepada Baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Peristiwa tersebut terjadi tepatnya pada bulan suci Ramadhan. Kejadian tersebut diabadikan di dalam Al-Qur’an dan menjadi peristiwa penting yang selalu diperingati setiap tahunnya oleh umat Islam.

Berkaitan dengan itu, Lanud Silas Papare Jayapura menggelar acara  buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Ababil Lanud Silas Papare, Sabtu (18/5/2019) sore pekan kemarin.

Kegiatan keagamaan ini diikuti oleh segenap keluarga besar Lanud Silas Papare beserta stokeholder se-Kabupaten Jayapura yang dihadiri Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Kapolres Jayapura AKBP. Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH., M.Si, Danyonif RK 751/VJS Mayor Inf Rofi Irwansyah serta para petinggi TNI-Polri lainnya dan para pimpinan tokoh agama.

Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare, Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, MM., M.Tr.(Han) mengatakan, sengaja mengundang seluruh stokeholder yang ada di Kabupaten Jayapura untuk buka puasa bersama dengan keluarga besar Lanud Silas Papare Jayapura.

“Karena waktunya sudah hampir pertengahan. Jadi, kita laksanakan acara buka puasa sekalian pelaksanaan Nuzulul Quran,” urai Danlanud Tri Bowo Budi Santoso dengan singkat ketika ditanya wartawan usai disela-sela acara buka puasa bersama, Sabtu (18/5/2019) sore pekan kemarin.

Sebab, menurut pria yang berpangkat bintang satu ini, bahwa peringatan Nuzulul Qur’an mempunyai tujuan untuk membangun kebersamaan serta tali silaturrahmi.

“Bagi saya itu yang terpenting dan saya minta kepada seluruh stokeholder yang ada di Kabupaten Jayapura dapat tetap bersatu dan menjaga keurukunan umat beragama yang sudah terjalin dengan baik selama ini,” seru pria yang akrab dengan wartawan ini.

Danlanud Tri Bowo juga menjelaskan, momentum buka puasa bersama ini menjadi ajang silaturrahmi antar stokeholder yang ada di Kabupaten Jayapura serta memperkokoh persatuan sebagai sesama umat beragama.

Karena itu, selain stokeholder pihaknya juga mengundang para jamaah dan anak-anak santri dari dua pondok pesantren yang ada di Kota Sentani.

“Dengan harapan ini dapat menjadi contoh bagi pejabat-pejabat lainnya, untuk terus melakukan kebaikan karena hidup ini cuma sekali. Jadi, kita harus berbuat baik dengan cara memberikan manfaat kepada sesama, apapun itu bentuknya,” paparnya.

“Kiranya buka bersama ini dapat menambah ukhuwah atau kedekatan antara umat beragama yang ada di Kabupaten Jayapura,” tambah Danlanud dengan nada penuh harap.

Sementara itu ditempat yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro meminta kepada seluruh umat muslim yang ada di Kabupaten Jayapura dengan adanya peringatan Nuzulul Qur’an ini dapat memanage rohani agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Dengan adanya Nuzulul Qur’an umat Muslim agar dapat lebih baik dalam segala hal, tindakan harus lebih baik, tidak gampang marah dan agama juga jangan untuk membawa suatu kemarahan. Tetapi, untuk membawa suatu kedamaian bersama,” tandas Giri.

Dalam acara ini diisi oleh KH Akhmad Kholil, melalui ceramahnya beliau menjelaskan tentang Al-Qur’an yang diturunkan ke Bumi tidak hanya diperuntukkan bagi umat Islam saja melainkan kepada seluruh umat manusia, sehingga Al-Qur’an merupakan sebuah petunjuk dan pedoman sempurna bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan yang lurus.

Diakhir acara buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Qur’an, dilakukan pembagian bingkisan kepada ratusan santri dari dua Pondok Pesantren, baik itu Nurul Anwar Komba dan Mafahem. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)