JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua mengusulkan pembangunan gedung sekolah pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, baru-bru ini.

Kepala Bappeda Papua, Muhammad Musa’ad. (Erwin / HPP)

Pembangunan gedung sekolah yang diusulkan itu, diantaranya sekolah (SMK) unggulan khusus vokasi berpola asrama.

Selain sekolah berpola asrama tingkat SMK, Pemprov Papua juga mengusulkan pembangunan Politeknik di Kabupaten Jayawijaya serta Politeknik Perikanan dan Kelauatan Biak.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Muhammad Musa’ad di Jayapura, kemarin.

Tak sampai disitu, Pemprov Papua juga mengusulkan revitalisasi terhadap Balai Latihan Kerja provinsi yang diharapkan berkembang guna memenui standar nasional.

“Intinya ada banyak program – program yang diusulkan dalam Musrenbangnas. Kita harap semuanya bisa terakomodiruntuk bisa dieksekusi pada program kerja tahun 2020 mendatang.

Sementara untuk bidang kesehatan, tambahnya Papua masih mengusulkan pembangunan rumah sakit regional. Dimana pada periode pertama kepemimpinan Lukas Enembe dan Klemen Tinal sudah dimulai tetapi belum tuntas.

“Makanya, diharapkan untuk periode kedua ini bisa diselesaikan rumah sakit rujukan tingkat nasional. Terutama di Biak dan Nabire serta Jayawijaya yang masih perlu di kembangkan,” pugkasnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)