Tantangan Menuju PON XX 2020 : Atlet Dayung Papua Masih Kekurangan Peralatan Latihan

0
46
Sejumlah peserta lomba dayung tradisional di Teluk Youtefa. (ISTIMEWA/ HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Persatuan Cabang Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Papua, hingga saat ini terus fokus dalam menyiapkan atlet-atlet dayung menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-XX Tahun 2020. Namun hingga saat ini masih terkendala di peralatan latihan yang masih kurang.

Pengurus PODSI Papua dan Pelatih Saat Mendegar Arahan Dari Tes Fisik Atlet Dayung di ruang rapat KONI Papua, Selasa 8 Mei 2019. (Geis)

Wakil Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Papua, Ganda P. Siregar, mengatakan, untuk saat ini atlet kita ya sudah dapat dikatakan hampir menjalani Treaning Center (TC) / Pemusatan Latihan hampir terpusat karena atlet saat ini berada dan terpusat di satu mess.

“Kalau hasil kita dari data terakhir yang saya tes itu di nomor kayak dan kanowing. Hari ini saja dapat saya katakan kalau kita ikuti suatu iven saya yakin semua pasti masuk di final tapi juara apa belum bisa kita ukur, itu dari hasil tes terakhir,” Kata Wakil Ketua Umum PODSI Papua Ganda P. Siregar kepada pers di kantor KONI, Rabu, (08/05/2019).

Lanjutnya, memang kendala kita kan kembali ke peralatan khususnya di perorangan, kalau peralatannya ada kita tidak akan susah.

“Sebenarnya peralatan sudah kita ajukan, contohnya saja nomor slalom kita tidak punya alat tapi kita punya atlet. Padahal kita kan akan jadi tuan rumah dan itu akan di pertandingkan. Nah kalau kita tidak punya alat bagaimana kita mau lihat sejauh mana atlet itu berhasil atau tidak,” tuturnya.

Sehubungan dengan itu maka peralatan itu yang kita kurang dan kita tidak harapkan mau ke luar negeri atau tidak. Karena peralatan itu yang kita perlukan. “Saya berharap mungkin cabor dayung ini bisa TC ya tidak full tapi stengah dari permintaan kita bisa di lengkapi,” terangnya.

Ganda P. Siregar menerangkan hingga saat ini ada 60 atlet dari cabor dayung yang di persiapakan untuk latihan sampai saat ini, yakni dari nomor rowing, kanowing, slalom. “Semua ada 42 nomor pertandingan dan 42 medali yang akan di perebutkan,” katanya.

Disinggung terkait tim dayung sendiri di PON nanti dirinya mengaku kalau untuk target belum bisa kita bicara, tetapi kalau untuk yang mempunyai kans dalam arti inikan ada atlet kita di pelatnas dia nanti di Sea Games yang akan di utamakan perorangan.

“Kalau dua medali emas itu ya sudah ada di tangan dia, karena saya terakhir kontak dengan pelatih nasionalnya ya saat ini dia belum ada lawan tandingnya atas nama Stevani Ibo, dia nanti akan main di dua nomor 500 meter dan 200 meter, kayak 1,” ujarnya.

Kita harapkan nanti di dragon kan ada 9, 3 medali emas di putri 3 medali emas di cabang putra dan Mix putri 3 medali emas jadi 9 medali. (Lintas Sport/GM)