Pimpinan Partai Politik Sarankan  Pleno KPU Papua Jangan Berakhir di MK

0
230
Ketua DPD Hanura Papua, Kenius Kogoya. (Richard Mayor)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Pimpinan partai politik di Papua menyarakan kepada KPU Papua dalam melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitukasi perhitungan suara tingkat Provinsi Papua pada Pemilu tahun 2019, yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, jangan banyak berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia.

Ketua DPD Hanura Papua, Kenius Kogoya, SP.S, M.Si.,  dalam rapat pleno terbuka rekapitukasi perhitungan suara tingkat provinsi Papua mengatakan persoalan terkait perselisihan hasil perolehan suara Pemilu 2019 di Papua, pada dasarnya hampir semuanya bermasalah, setelah hasil dibacakan oleh KPU Daerah.

“KPU Papua dan Bawaslu Papua dapat memperhatikan PKPU Nomor 4 tahun 2019 pasal 55 point 8 dan point 9 tentang  rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil perolehan suara, ketika terjadi perbedaan angka antara KPUD dan saksi. Maka harus disandingkan, dicocokkan hingga mendapatkan hasil”,  kata Ketua DPD Hanura Papua, Kenius Kogoya, SP.S, M.Si, Selasa 13 Mei 2019 di Jayapura.

Kenius menyebutkan,  dalam pengamatannya selama jalannya rapat pleno terbuka rekapitukasi perhitungan suara tingkat provinsi Papua, banyak berakhir di DC2 yang diberikan KPU Papua kepada saksi peserta Pemilu 2019.

Ketua DPD Hanura Papua itu pun berharap,  rekapitukasi perhitungan suara tingkat provinsi Papua jangan terlalu banyak berakhir di MK. Sebab MK tidak hanya menangani masalah dari papua saja, tapi seluruh Indonesia. Juga berdampak pada lambatnya proses penetapan caleg pemenang Pemilu 2019 di daerah Papua.

“Ya, kami berharap jangan terlalu banyak masalah ke MK. Tetapi bagaimana bisa berakhir saja di rekapitukasi perhitungan suara tingkat provinsi Papua. Karena MK tidak hanya menangani masalah papua saja, tapi seluruh Indonesia. Dan akan berdampak pada lambatnya proses penetapan caleg pemenang Pemilu 2019 di daerah Papua”, Pesan Ketua DPD Hanura Papua, Kenius Kogoya.  (Richard Mayor)