BIAK (LINTAS PAPUA) – Peringatan ulang tahun yang pertama ini merupakan momentum yang tepat bagi warga Koopsau III untuk menyejajarkan diri dengan Koopsau I dan Koopsau II. Koopsau III diharapkan terus melaksanakan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilaksanakan dan melaksanakan langkah-langkah antisipatif dalam menghadapi tantangan tugas ke depan.

Kaskoopsau III Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.sos., M,Sc Saat Memimpin upacara Hut ke – 1 Koopsau III. (Viona/ lintaspapua.com)

Hal tersebut merupakan sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM yang dibacakan oleh Kaskoopsau III Marsma TNI I Wayan Sulaba, S,Sos., M.Sc. mewakili Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono P., S.I.P. selaku Inspektur Upacara pada Upacara HUT ke-1 TNI AU di Apron Lanud Manuhua Biak, (11/5/2019)

Kasau juga meminta kepada warga Koopsau III untuk memantapkan tekad untuk memberikan yang terbaik demi keberhasilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

“Koopsau III ini memiliki nilai strategis untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks di bidang pertahanan khususnya aspek udara di wilayah timur Indonesia. Koopsau III juga berperan untuk membantu program Pemerintah Daerah dalam pemerataan harga-harga kebutuhan melalui program jembatan udara yang lebih luas dan menjangkau wilayah-wilayah yang selama ini terisolir.,” ujarnya.

Terkait masalah lambangja, Kasau menekankan pentingnya upaya bersama untuk mewujudkan zero accident, lakukan pendataan dan analisis terhadap potensi hazard yang ada dan lakukan langkah preventif untuk memitigasi hazard tersebut, agar tidak berkembang menjadi accident dan incident.

Terakhir Kasau mengajak seluruh personel dan jajaran Koopsau III untuk melanjutkan pencanangan road to zero accident secara terpadu, konsisten dan berkesinambungan dan juga untuk merapatkan barisan dalam rangka menghadapi berbagai tantangan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas TNI AU.

Seusai pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke 1 Koopsau III dilanjutkan dengan acara tambahan berupa penyerahan secara simbolis Buku Sejarah Koopsau III yang berjudul Sang Pengendali Udara Dari Timur kepada Ketua DPRD Biak Numfor dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba tenis meja juga lomba video kreatif perjalanan 1 tahun Koopsau III, kemudian acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Turut hadir dalam upacara puncak peringatan HUT Ke 1 Koopsau III ini Ketua DPRD Biak Numfor, Danrem 173/PVB, Danguskamla Koarmada III, Danlanud Manuhua, Pangkosekhanudnas IV, Danlanud Silas Papare, serta FKPD Biak Numfor Lainnya. (Viona / lintaspapua.com )