SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Angkatan Udara III Biak, Marsda TNI Andyawan Martono P., melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Lanud Silas Papare Jayapura.

Dalam kunkernya, Pangkoops AU III disambut langsung oleh Danlanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo Santoso, Danlantamal X/Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Para petinggi dilingkungan TNI-Polri yang ada diwilayah Provinsi Papua.

Disambut Bupati Jayapura. Dalam kunjungan kerjanya juga, Pangkoops akan memberikan bantuan  khususnya bagi anggota TNI AU yang rumah dinas nya terkena dampak bencana banjir bandang. (Irfan / HPP)

Yang mana, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengawali penyambutan dengan cara mengalungkan Noken ke leher Pangkoops AU III sebagai ucapan selamat datang.

“Jadi hari ini, saya selaku Pangkoops AU III melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Lanud Silas Papare mengawali tugas saya sebagai Pangkoops AU III,” kata Marsda TNI. Andyawan Martono saat ditemui Awak media, di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (13/5/2019) kemarin pagi.

Lanjut kata Andyawan, satuan ini baru diresmikan tahun 2018 oleh Panglima TNI dan pihaknya sudah merayakan 1 tahun berdirinya Pangkoops AU III.

Awali Tugas, Pangkoops AU III Lakukan Kunker ke Lanud Silas Papare. (Irfan / HPP)

“Dimana, letak bangunannya berada di Biak dengan tujuan meningkatkan kehadiran TNI khusus Angkatan Udara di Indonesia bagian Timur,” ujarnya.

Ketika ditanya terkait penambahan kekuatan tempur, Andyawan mengutarakan, sesuai rencana strategis (Renstra) ke depan akan dilakukan penambahan kekuatan Angkatan Udara di Indonesia bagian Timur.

“Seperti Skuadron 27 dengan jenis pesawat sedang yang dalam beberapa waktu akan diresmikan di Biak, kemudian di Lanud Silas Papare juga akan diperkuat satu helikopter yang nantinya akan dibentuk satu Skuadron dalam bentuk skuadron udara 9,” jelasnya.

Untuk rencana yang disebutkan diatas, kata Andyawan, sudah ada sekarang tinggal pelaksanaan kegiatannya dan diharapkan tahun ini bisa terwujud.

Diketahui, Pangkoops AU III dalam kunjungannya didampingi Danlanud Silas Papare, menyempatkan diri melihat Mess Pringgondani III (Heli) dan Mess Walet milik Lanud Silas Papare yang saat ini sedang direhab. Kemudian melakukan tinjauanke RS Lanud Silas Papare serta lokasi yang terkena dampak banjir bandang dan longsor beberapa waktu lalu.

Dalam kunkernya, Pangkoops AU III disambut langsung oleh Danlanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo Santoso, Danlantamal X/Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Para petinggi dilingkungan TNI-Polri yang ada diwilayah Provinsi Papua. (Irfan / HPP)

Setelah itu, Pangkoops akan melanjutkan perjalanan untuk bertatap muka dengan Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cendrawasih.

Dalam kunjungan kerjanya juga, Pangkoops akan memberikan bantuan  khususnya bagi anggota TNI AU yang rumah dinas nya terkena dampak bencana banjir bandang. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)