Hardiknas 2019, SKB Biak Gelar Lomba Tingkat PAUD

0
29
Foto bersama usai pembukaan Lomba Anak - Anak Paud se Kabupaten Biak Numfor. (Viona / lintaspapua.com)

BIAK (LINTAS PAPUA) – UPTD Satuan Pendidikan Non Formal – Sanggar Kegiatan Belajar ( SPNF – SKB) Kabupaten Biak Numfor gelar Lomba untuk Anak PAUD se – Kabupaten Biak Numfor bertempat di Aula SKB Biak. Rabu, (01/05/2019)

Lomba yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini di laksanakan selama 2 (dua) hari yang bertujuan agar melalui lomba ini dapat memberikan atau mudah dipahami dan mengerti oleh anak-anak yang masih kecil sehingga pendidikan semakin meningkat dan dapat memberikan manfaat.

Selain Anak – anak PAUD, lomba ini juga melibatkan para tutor melalui lomba cerita rakyat dengan memberikan pengajaran melalui bahan lokal. ” Maksudnya Lomba cerita rakyat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak yang masih kecil supaya melalui cerita rakyat itu ada pesan moral yang akan disampaikan.

Suasana saat anak – anak Paud mengikuti lomba mewarnai dalam rangka Hari Pendidikan Nasional. (Viona / lintaspapua.com)

“Pesan-pesan moral ini merupakan sebuah pendidikan yang luar biasa untuk bisa memberikan pemahaman kepada anak-anak. Di Kabupaten Biak Numfor ini cerita rakyat sudah mulai tergeser, itu sebabnya kami di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Biak Numfor Ingin mengangkat kembali dengan tujuan untuk meningkatkan Kebudayaan di Kabupaten Biak Numfor ini termasuk kepada Anak – anak kita.” Jelas Yakobus Bontong, S.Th.M,Si Selaku ketua Panitia Lomba

Sedangkan untuk Anak – anak PAUD, Yakobus mengatakan terdapat dua jenis lomba yakni lomba mewarnai dengan maksud untuk melihat sejauh mana kemampuan anak sehingga dapat ditingkatkan untuk memperoleh pengetahuan yang lebih tinggi lagi. Selain itu, ada juga Lomba Fashion show yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak supaya sejak kecilnya mereka berani tampil untuk dapat memperlihatkan bagaimana budaya-budaya yang ada di Biak.

Untuk Hadiah ataupun penghargaan yang diberikan, Yakobus menjelaskan bahwa Pihak SKB telah mempersiapkan berbagai macam hadiah yang akan diberilkan kepada para peserta lomba berupa penghargaab dan juga hadiah yang dapat merangsang perkembangan anak – anak. (Viona / lintaspapua.com)