JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Tim Persipura Jayapura di pastikan bisa menggelar laga home base di Stadion Mandala. Karena Stadion Mandala hingga saat ini belum ada perencanaan untuk renovasi.

Hal itu disampaikan langsung Gustaf Pui, yang merupakan anak adat Kampung Kayo Batu dan juga mantan pemain Persipura tersebut kepada awak media di kantor KONI Papua, Selasa, 7 Mei 2019.

Bersama Mantan Pemain Persipura, Nico Dimo dan Gustaf Pui, yang merupakan anak adat Kampung Kayo Batu dan juga mantan pemain Persipura tersebut kepada awak media di kantor KONI Papua, Selasa, 7 Mei 2019.. (Geis)

“Stadion Mandala ini tidak terlepas dari pada Persipura. Mandala yang akan saya palang itu sesudah melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas PU melalui, kepala bidang cipta karya bahwa sampai saat ini mandala belum ada perencanaan untuk renovasi,” ujarnya.

Lanjutnya kalau pun renovasi dan penanaman rumput bisa 6-7 bulan, sekarang tersisah waktu ini kalau mau di lihat bisa 3-4 bulan dari bulan Agustus kedepan dan inikan tidak mungkin mereka juga masih ragu. “Surat yang mereka terima di sana adalah rehab untuk pertandingan AFC. Nah itupun kalau Persipura juara,” terangnya.

Ketika saya sampai di kantor PU dan menanyakan langsung di sana apakah Persipura bisa melakukan laga home base disini. Melalui kepala bidang cipta karya menjawab bahwa Persipura bisa menggelar laga tuan rumah disini.

“Kalau pun ada renovasi kita akan datang untuk bicara lagi, ini kan belum ada perencanaan semua mengambil keputusannya masing-masing. Ini mengorbankan yang lain saya sebagai pemilik tanah adat dan mantan pemain Persipura saya meras ini ada persoalan apa?. Antara Pemkot dan Pemprov Papua. Jadi tidak boleh korbankan keinginan masyarakat, Persipura ini dia ada untuk menghibur masyarakat Papua,” ungkapnya.

Persipura Jayapura, saat latihan di Lapangan Mandala belum lama ini,. (Foto Istimewa)

Masyarakat Papua saja minta untuk laga tuan rumah disini saja masa tidak bisa, masa kita masyarakat adat yang datang apakah kita harus palang baru bisa ada kepastian untuk tuan rumah. Mereka juga tidak menjamin kalau ada renovasi, untuk itu Persipura bisa home base di Stadion Mandala.

“Kita minta ke Persipura harus kembali menggelar laga home base di Stadion Mandala. Saya sudah bisa berjuang sampai bisa laga home disini, sekarang Persipura harus menggelar home base di Mandala, sambil menunggu keputusan untuk renovasi,” terangnya.

Itu statmen saya beberapa kali datang dan bicara terkait dengan mandala, dari suku Pui dan yang lainnya. Kalau persipura tidak home base di mandala saya tutup untuk umum.

“Saya sudah tanya ke PU sampai sekarang mereka belum ada keputusan untuk renovasi. Berarti Persipura tetap home base di stadion mandala tidak ada kata lain untuk pindah dan tetap di mandala sampai ada pembicaraan lanjut. Mandala harus di pakai untuk Persipura dan juga TC PON ke-XX Tahun 2020.” Ungkapnya. (Lintas Papua Sport/GM)