Provinsi Jawa Tengah Bantu Rp 1 Miliar untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Sentani

0
118
Wakil Bupati Jayapura didampingi sejumlah Pimpinan OPD saat menerima kunjungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sekaligus penyerahan bantuan dana Sebesar Rp.1.000.000.000. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyerahkan bantuan Rp 1 miliar dan bantuan penanganan bencana kepada korban banjir bandang dan longsor di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sudaryanto, M.Si., kepada Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, Jumat (19/4/2019).

 

“Pada hari ini Jumat (19/4/2019) sungguh berterima kasih kami bisa diterima di Kabupaten Jayapura oleh pak wakil bupati, untuk menyerahkan bantuan peduli banjir bandang Sentani. Kami merasa berduka dengan bencana yang melanda Kabupaten Jayapura. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat,” kata Drs. Sudaryanto, M.Si, yang juga selaku Ketua Rombongan Pemprov Jawa Tengah, dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (19/4) lalu.

 

“Jadi, kami hadir di Kabupaten Jayapura ini diperintah oleh pak Gubernur serta pak Wakil Gubernur Jawa Tengah dan ternyata hari ini sudah dapat dilaksanakan. Kami berdoa (bencana) ini yang pertama dan yang terakhir, terus kita jalin kerjasama antara Jawa Tengah dan Papua untuk berbagai hal. Supaya negara ini semakin maju, jaya dan sejahtera selama-lamanya,” sambung Sudaryanto.

 

Ia mengatakan, dengan dana Rp 1 miliar itu diharapkan dapat segera memperbaiki pembangunan infrastruktur dan juga kegiatan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Jayapura lainnya.

 

“Untuk bantuan penanganan bencana itu harus segera disampaikan kepada korban bencana dampak bencana banjir, sehingga tidak ada yang kekurangan pascabencana ini,” ujarnya.

 

Ia menekankan, penanggulangan bencana mesti dilakukan semua pihak. Peran serta masyarakat sangat diharapkan, sehingga percepatan penanggulangan bencana pascabencana dapat segera diatasi dengan baik.

 

Menurutnya, penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, BUMN, TNI, Polri, elemen masyarakat dan juga peran serta masyarakat baik dilokasi bencana maupun dari masyarakat yang berdekatan dengan lokasi bencana.

 

“Oleh karena itu, kami hadir melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh pak gubernur dan pak wakil gubernur. Mari kita berdoa, kita tetap bersahabat, kita tetap bersatu dalam NKRI serta kita tetap menjadi warga negara yang sukses melaksanakan Pemilu. Dan, Papua butuh Jawa Tengah, Jawa Tengah butuh Papua, kita saling sinergi serta kita saling berkolaborasi demi majunya bangsa ini,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)