PAPUA BERDUKA, Selamat Jalan Pahlawan Damai Papua : Pastor Neles Tebay Meninggal Dunia di Jakarta

0
418
Pastor Neles Tebay lahir di Kamu Utara, Dogiyai, Papua,13 Februari 1964. Pastor Neles pernah menjadi wartawan The Jakarta Post (1998-2000) dan sebelumnya wartawan Tifa Irian (1984-1994). Sekarang Ketua STFT Fajar Timur. Pastor Neles Tebay mendapatkan penghargaan dari The Tji Haksoon dari Yayasan Keadilan dan Perdamaian Tji Hak-soon yang berada di Seoul, Korea. (Sebagaimana disadur dari http://www.jurnaltimur.com/2017/06/selamat-pesta-perak-imamat-pastor-neles.html) (Foto Istimewa dikirim di berbagai Grup WA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Papua Berduka, karena kehilangan tokoh penting yang selalu membangun kedamaian dengan berbagai kepedulian dan aksi nyata melalui Jaringan Damai Papua, yaitu  Pater Neles Tebay, yang meninggal dunia di ICU RS Carolus pada jam 12.15 Waktu Jakarta, 14 April 2019.

 

Dari informasi yang diperoleh bahwa saat ini disemayamkan di Rumah Duka Carolus ruang Gabriel. Misa Requem malam ini jam 19.30 WIB dan  Rencana pelepasan jenazah besok siang/sore, jam 5 dari rumah duka ke bandara dan diberangkatkan ke Papua.

 

 

Sekilas Pastor Neles Tebay, Pr.

 

Pastor Neles Tebay, dalam sebuah aktivitas selalu ceria dan memberikan senyuman dengan mengajak semua pihak untuk cinta damai. (Foto facebook Papua Peace Network)

 

Sebagaimana dikutip dari jurnaltimur.com menyebutkan Pastor Neles Tebay,Pr, akan merayakan 25 tahun menjalani hidup sebagai imam Katolik. Perayaan ini jatuh pada 28 Juni 2017 lalu.

 

Ini berarti juga 25 tahun lalu, tepatnya 28 Juni 1992, Pater Neles menerima tahbisan imamat. Tanggal Tahbisan ini tertera dalam buku “Katalok Unio Indonesia 2017”.

 

Perayaan 25 tahun atau sering disebut perayaan perak, sungguh menjadi moment perayaan penuh syukur dan sukacita bagi mereka yang menjalani, termasuk bagi seorang pastor.

 

 

Selalu saja momen yang demikian, membuat setiap yang merayakan untuk menoleh ke belakang, lalu berhenti sejenak untuk menatap hari-hari selanjutnya.

 

Tak semua hal yang dilalui dalam hidup penuh kegembiraan. Ada suka ada duka dan itulah hidup.Dalam hidup imamat , perayaan ini juga bukti dari sebuah kesetiaan pada panggilan.

 

 

Dalam menghayati panggilan imamat ia tidak hanya berdiri di atas mimbar untuk memimpin misa dan berkotbah, melainkan melaksanakan semua keprihatinan sosial dalam tindakannya.

Suasana Ibadah Ucapan Syukur, Tampak Pastor Neles Tebay dan warga masyarakat Meepago ikut bersama. pada tahun 2017. (Fransisca/LintasPapua.com)

Pastor Neles dikenal sebagai nara sumber terpenting untuk masalah Papua. Ia tidak tinggal diam menghadapi berbagai masalah yang menyangkut Papua. Justru yang selalu ia tunjukkan adalah komitmen yang tinggi terhadap upaya penegakan keadilan dan perdamaian di Tanah Papua.

 

Pastor Neles dikenal sebagai koordinaror Jaringan Damai Papua (JDP). Ia selalu mendorong dialog Papua-Jakarta. Artikelnya tersebar di berbagai media dan buku-buku yang ditulisnya.

Pastor Neles, sering tampil menjadi pembicara seminar dan diskusi. Reputasi di bidang akademis, sosial dan keagamaan yang tidak diragukan lagi. Ia bergaul dan membuka diri dengan siapa saja.

 

Pastor Neles Tebay lahir di Kamu Utara, Dogiyai, Papua,13 Februari 1964. Tahun 1983-1990 studi di Seminari Tinggi antar diosesan di STFT Fajar Timur, kampus “Yerusalem Baru” Abepura.

Tahun 1995-1997 belajar di East Asian Pastoral Institut-Ateneo, Universitas Manila, Philipina dan melanjutkan studi di Universitas Kepausan Urbanianum-Roma. Tahun 2000 meraih gelar Doktor Misiologi pada Universitas Kepausan itu.

 

Suasana Ibadah Umat Katolik. Tampak saat ibadah Perayaan 50 Tahun Sekolah Tinggi Filasat Teologia (STFT) Fajar Timur Abepura, di halaman sekolah tersebut beberapa waktu lalu TAHUN 2017. Selaku Pimpinan Sekolah Tersebut, Pastor Neles tebay ikut dalam memimpin ibadha tersebut. (Fransisca /LintasPapua.com)

Pastor Neles pernah menjadi wartawan The Jakarta Post (1998-2000) dan sebelumnya wartawan Tifa Irian (1984-1994). Sekarang Ketua STFT Fajar Timur. Pastor Neles Tebay mendapatkan penghargaan dari The Tji Haksoon dari Yayasan Keadilan dan Perdamaian Tji Hak-soon yang berada di Seoul, Korea.  (Sebagaimana disadur dari http://www.jurnaltimur.com/2017/06/selamat-pesta-perak-imamat-pastor-neles.html

 

Kepergian selamanya untuk Pater Neles Tebay mengundang berbagai belansungkawa dari berbagai kalangan masyarakat Papaua hingga manca Negara, karena banyaknya simpati dan kepeduliaan melihat berbagai itikad baik dan perjuangan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan kepada masyarakat di Tanah Papua.

Sebagaimana dikutip dari Facebook Papua Peace Network menyebutkan BERITA DUKA

Telah meninggal dunia saudara Rm. Neles Tebay, Imam Projo Keuskupan Jayapura pada hari Minggu, 14 April 2019, pukul 12.15 WIB, di RS Carolus Jakarta. Jenasah sementara disemayamkan di Rumah Duka Carolus ruang Gabriel.

Jadwal Misa selama di Rumah Duka pada hari Minggu, 14 April 2019, pukul 19.30 WIB, misa dipimpin oleh Rm. Ivan Haryanto dan selanjutnya pada Misa Pelepasan Jenasah hari Senin, 15 April 2019, pukul 17.00 WIB. Setelah misa, jenasah akan dihantar ke bandara Soekarno-Hatta, selanjutnya jenasah diterbangkan ke Jayapura.

Caption Foto : Doa penyerahan almarhum Peter Neles Tebay oleh Romo di rumah sakit Carolus Jakarta, di Jakarta, Minggu Malam, 14 April 2019.  (Foto Diambil dari Grup WA Spirit of Papua)

Sejak 2010, beliau telah menggagas upaya penyelesaian konflik di Tanah Papua melalui jalan Dialog. Menindaklanjuti gagasan tersebut, beliau memprakarsai pembentukan Jaringan Damai Papua, kemudian secara bersama-sama dengan (almarhum) Dr. Muridan, mengkoordinir Jaringan Damai Papua.

Seluruh anggota Jaringan Damai Papua menyampaikan belasungkawa atas kepergian almarhum. “Kami menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga atas seluruh dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukan oleh almarhum. Semoga roh dan jiwa almarhum dapat tenang bersama Sang Pencipta Semesta. Rest in Peace,” demikian tulisan dalam ungkapan duka dari Papua Peace Network. SELAMAT JALAN PASTOR NELES TEBAY. (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com)