AJI Kota Jayapura : Pemberitaan Media Harus Berimbang

0
537

JAYAPURA LINTAS PAPUA) –  Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura, Lucky Ireeuw, mengatakan pada prinsipnya media dalam penyampaian berita harus berimbang dan terpenting tidak memihak kepada satu pihak.

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tanggal 17 April ini, ia menegaskan pemberitaan di media dapat berimbang untuk semua Calon Legislatif (caleg) dan Partai Politik (Parpol)

Ini dikatakannya seusai kegiatan Worksohop Jurnalistik dan Fellowship di Jayapura, Minggu, (7/3/19) kemarin.

Dikatakan dalam aturan KPU media tidak harus memihak, setiap partai maupun caleg harus mendapat porsi yang sama dalam pemberitaan.

“Jangan sampai ada yang memblok halaman, durasi itu tidak boleh jadi semua mempunyai kesempatan yang sama,” kata Lucky.

Ditambahkan, dalam even Pemilu ini sebenarnya setiepa caleg maupun Parpol dapat memanfaatkan media guna kepentingan dan saling menguntungkan antar media juga para caleg baik dari sisi periklanan maupun pemberitaan.

“Cuma yang kita lihat sampai hari ini kebanyakan masi menggunakan spanduk, tidak banyak juga yang berminat mempromosikan dirinya melalui media,”ujarnya.

“Sebenarya Ada satu, dua tapi belum keseluruhan,” katanya menambahkan.

Dikatakan, peran media sangat penting dalam memverifikasi dan konfirmasi langsung ke narasumber jika terdapat berita terkait kampanye yang menjelekan orang lain.

“Media jangan sampai teracuni dengan hal-hal seperti itu, harus netral dan harus melakukan verifikasi,” katanya.  (Ardiles/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here