JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Ribuan masa pendukung dan simpatisan dari masing-masing Calon Anggota Legislatif Kota Jayapura, masing-masing daerah pemilihan satu Distrik Jayapura utara, daerah pemilihan dua distrik Jayapura Selatan, daerah pemilihan tiga Distrik Heram dan Muara Tamy serta daerah pemilihan empat Distrik Abepura  Kota Jayapura. Melakukan kampanye Akbar di Lapang Trikora Abepura. Kamis (4/4/2019).

Ketua DPD Partai PKPI Provinsi Papua, Ramses Wally, SH., dalam suasana kampanye di Lapangan Trikora, Kamis (4/4/2019). (Mozes Baab / lintaspapua.com)

Pada kesempatan itu, Ketua DPD Partai PKPI Provinsi Papua, Ramses Wally, SH., mengatakan  misi PKPI jelas, yakni berjuang untuk Keadilan. Sehingga tidak ada sesuatu yang dijanjikan kepada rakyat. Tetapi bagaimana visi PKPI  hadir untuk mensejahterakan masyarakat.

“Karena hari ini kita lihat banyak program, banyak kegiatan yang dibuat di DPRD tetapi tidak menyentuh langsung kepada masyarakat, nah disinilah tidak ada keadilan, karena disaat moment seperti ini tiba banyak calon yang datang untuk membeli suara rakyat, inikan cara-cara yang tidak adil namanya, ” terang Ramses Wally kepada awak media usai menyampaikan orasi politiknya.

Dikatakan, jika calon anggota DPRD baik Provinsi dan Kahupaten/kota yang diusung oleh partai PKPI, terpilih maka yang menjadi misi utama adalah memperjuangkan kepentingan rakyat, keadilan itu yang diutamakan, sehingga pemerataan pembangunan disegala aspek dapat tercapai.”imbuhnya.

 

Lebih jauh.  Ramses Wally menuturkan,  bahwa, menjadi anggota DPRD itu ada tiga hal yang dilakukan pertama, Fungsi Bajeting artinya penyusunan anggaran kemudian dibawah ke sidang untuk disahkan dan diserahkan ke eksekutif, sebagai pengguna anggaran. yang kedua melakukan fungsi pengawasan.

Apakah program yang suda disahkan itu betul-suda sampai ke masyarakat atau tidak, Program yang disahkan itu betul-betul terwujud atau tidak.

Fungsi yang ketiga ada keberpihakan kepada rakyat, artinya DPRD harus membuat produk-produk hukum yang berpihak kepada Rakyat.

 

Tiga fungsi utama ini yang sering dilupakan oleh anggota DPRD selama lima tahun ini.

“bagaimana kita mau wujudkan suatu kesejahteraan dan keadilan bagi rakyat sementara tiga fungsi iji saja dia tidak melaksanakan dengan baik,” ucapnya dalma orasi politik secara berapi-api dengan semangat.

 

 

Dijelaskan,  bahwa kalau pengawasan tidak dilakukan dengan baik di DPRD, maka potensi korupsi bisa terjadi di DPR. Oleh Karena itu PKPI menghimbau kepada seluruh calegnya baik Provinsi dan Kabupaten/kota agar berjuang dengan cara-cara yang baik, jujur.

 

“Saya menghimbau juga kepada seluruh pemilih agar betul-betuk memilih dengan hati nuraninya, mengenali calon dengan baik, agar kelak terpilih sebagai anggota DPRD dia bisa bertanggungjawab kepada rakyat,”paparnya.

 

Ketua PKPI Kota Jayapura, H. Komar, saat wawancara di lapangan TYrikora. (Mozes Baab / lintaspapua.com)

“Kalau  Slogan KPU Pusat suda jelas bahwa “Pemilih Berdaulat Negara Kuat” artinya pemilih yang dimaksud disini adalah rakyat, kedaualatan juga adalah milik rakyat, oleh sebab itu kedaulatan rakyat tidak boleh dibeli,” tutur Ramses Wally.

PKPI target 12 kursi DPRD provinsi Kabupaten/kota. “Kami yakin dan percaya ini akan terwujud, karena dukungan rakyat kepada kami terus mengalir.

Pada kesempatan itu, Ketua PKPI Kota Jayapura,  H. Komar menegaskan bahwa siap berjuang untuk kepentingan rakyat.

“Pada prinsipnya kami siap berjuang untuk kepentingan masyarakat,   tidak ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya, kita semua berjuang bersatu untuk membangun Kota Jayapura tercinta,”harap Komar.  (Mozes Baab / lintaspapua.com)