JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Sebagai calon anggota DPD RI dapil Papua nomor urut 24 mengucapkan turut berduka cita atas tragedi banjir bandang yang menelan begitu banyak korban. Tragedi ini menyayat hati kita semua. Semoga Tuhan menguatkan masyarakat yang menjadi korban.

 

“Melalui tragedi ini kita semua bisa refleksi bahwa alam seharusnya menjadi sahabat bagi kita. Manakala alam terabaikan, maka bencana dan musibah akan kita tuai. Tidak perlu saling menyalahkan tetapi marilah kita mengambil satu nilai bersama, bahwa menjaga alam adalah tanggungjawab kita semua,” ujar  Habelino Sawaki, selaku  Calon Anggota DPD RI Nomor Urut 24 Daerah Pemilihan Provinsi Papua. Saat ditemui di Abepura, Selasa (2 April 2019).

Dikatakan, bahwa kawasan Cagar Alam Cycloop yang dalam budaya sentani disebut Robhonsolo yang berarti sumber kehidupan adalah kawasan yang dilindungi demi menjamin keberlangsungan hidup manusia dan fungsi kelestarian lingkungan hidup.

“Oleh karena itu sebagai calon anggota DPD RI (calon senator) memiliki tanggung jawab untuk turut serta melindungi hak OAP dengan ini meminta kepada seluruh pihak untuk bersama-sama melindungi lingkungan dan ekosistem di kawasan Robhonsolo sehingga bencana tidak terjadi lagi dihari-hari mendatang,” ajaknya.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli atas korban bencana banjir bandang. Dan semoga upaya menggalang dukungan dan bantuan tidak berhenti tetapi harus terus digalakan sebab masyarakat yang menjadi korban masih membutuhkan uluran tangan kita semua,” tuturnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya meminta kepada aparat kepolisian dan pemerintah untuk menindak tegas, kepada pihak-pihak yang mencari untung atas tragedi ini dengan menaikan harga kebutuhan pokok harus ditindak tegas. “Ini perilaku yang keji dan tidak terpuji, sebab tidak membantu banyak orang,” jelasnya.

Habelino Sawaki dalam kesempatan tersebut, juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang cepat membuat tanggap darurat serta kehadiran Presiden Joko Widodo dalam membantu memulihkan keadaan warga yang terdampak bencana.

“Mari kita bersama – sama menjaga alam dan kita pula bersama – sama membangun kembali semua ini menjadi baik,” tutupnya dalam sebuah harapan. (Eveerth Joumilena /lintaspapua.com)