BIAK (LINTAS PAPUA) – Badan Pusat Statistik sebagai “pelopor data statistik” untuk semua di tahun 2019 ini telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya survei angkatan kerja nasional, Susenas, dan juga beberapa kegiatan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Papua,  Drs. Simon Sapary, M.Sc.,  saat membuka kegiatan pelatihan petugas Survei Wisatawan Nusantara Bertempat di Hotel Mapia Biak. Petugas yang akan melakukan Survey Wisatawan Nusantara ini sebanyak 10 orang petugas yang akan bekerja pada bulan April, Juli dan Oktober.

Simon mengatakan,  bahwa keinginan manusia bukan hanya sekedar soal makan dan minum, tetapi juga keinginan perjalanan. Setiap perjalanan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang ada di setiap wilayah dan melakukan perjalanan di Indonesia harus diukur lewat survei wisatawan Nusantara.

“Dengan adanya Survei wisatawan Nusantara ini kita dapat mengetahui Berapa banyak pengeluaran yang harus di hitung sehingga kita dapat mengetahui juga jumlah wisatawan yang melakukan perjalanan baik itu perjalanan dinas maupun perjalanan saat liburan,” kata Simon

Untuk survei wisatawan Nusantara terdapat 44 blok sensus yang akan dilakukan penelitian oleh petugas survey di Kabupaten Biak Numfor. Ke 44 Blok sensus ini mewakili seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

Sehingga Simon berharap, baik Pemerintah maupun stakeholder terutama masyarakat Kabupaten Biak Numfor, agar dapat bekerja sama guna memperoleh hasil survey yang baik.  (Viona / lintaspapua.com)