JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tinggal menghitung hari pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan serentak 17 April 2019, Akan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Berkaitan dengan itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua terus melakukan sosialisasi terkait teknis-teknis Pemilu.

Sosialisasi tidak hanya pada Kota Jayapura, tetapi juga di Kabupaten serta Daerah pinggiran juga Daerah rawan bencana menjadi sasaran KPU untuk melaksanakan sosialisasi.

Menurut Komisioner Sosialisasi dan Parmas KPU Provinsi Papua, Tarwinto menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang memilih pada tanggal 17 April.

“Biasanya Daerah pinggirian itu jarang disentuh baik dari partai politik maupun Caleg. Sehingga KPU Provinsi Papua bersama KPU Kota datang kesini untuk melaksanakan kegitan ini,” kata Tarwinto,  kepada sejumlah wartwan, disela-sela kegitan sosialisasi pada Distrik Muara Tami, Sabtu, (30/3/2019).

“Juga dalam beberapa hari kedepan kita akan mensosialisaaikan ke Daerah Sentani serta Daerah kumuh,” tambahnya.

Untuk peserta sendiri sambung Tarwinto, melibatkan warga di sekitar Daerah Distrik Muara Tami, Perbatasan PNG dan juga ada warga dari Koya.

“Kurang lebih 100 orang peserta yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi ini,” ujaranya.

Dikatakan, tujuan dari kegiatan ini tidak lain ialah untuk meningkatkan partisipasi rakyat dalam memilih. “Agar rakyat bisa menggunakan hak pilih mereka dengan baik dan benar,”ucapnya.

Ia menambahkan,  hal-hal yang disosialisasikan ada beberapa poin yakni pencoblosan, warna surat suara dan terumata itu adalah cara melipat surat suara.

Ia pun berharap, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat jangan sampai golput.

“Harus gunakan hak pilihnya karena negara telah
menyiapkan segala logistiknya jadi jangan disia-siakan,” tutupnya. (Ardiles/lintaspapua.com )