DEKAI (LINTAS PAPUA)  –  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Yahukimo, Menghimbau untuk 469 Caleg Dewan Perwakilan Rakyat yang merebut 35 Kursi Parlemen untuk bawah kursi Jadi, tidak hanya bawah suara untuk hitung di KPU.

Hal tersebut disampaikan, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Yahukini Devisi Data, Andreas Silak, S.IP., sekaligus menjelaskan, bahwa pihaknya di KPU bersama Bawaslu Kabupaten serta Pihak keamanan sudah berkomitmen, apa yang menjadi komitmen dan keputusan itu diampaikan.

“Suara kalau bawah masing masing caleg DPRD dan dihitung di Kabupaten melalui KPUD, akan terjadi masalah dan konflik, itu dilihat dari pengalaman sebelumnya, sehingga lebih baik setiap calon harus jadikan dan pastikan suratnya dilapangkan ,” ujar Andreas Silak, di Dekai, Minggu  (31/03/2019)

 

Dikatakan, pihaknya  di KPUD tinggal menetapkan dan teruskan ke tahapan selanjutnya sesuai mekanisme.

 

Tambahnya,  apa yang disampaikan adalah  ketiga, sebab  ada beberapa tempat kegiatan yang dihadiri sudah pernah disampaikan.

 

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Yahukimo, Samuel Wetapo, SH.,  menjelaskan, bahwa pihaknya di Bawaslu tetap jalankan apa yang menjadi tugas.

“Apa yang di sampaikan pihak KPU itu boleh saja. itu tugas mereka untuk sampaikan. begitu juga dengan kami di Bawaslu kami fokus untuk kawal, sesuai dengan tahapan yang ditentukan,” pungkasnya. (A B)