Relokasi Warga Korban Banjir Usai Rumah dan Fasilitas Pendukung Dibangun

0
294
anak-anak pengungsi korban banjir di salah satu posko penampungan, Sentani, Kabupaten Jayapura. (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua memastikan relokasi korban banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura, dilakukan setelah perumahan dan fasilitas pendukungnya lain rampung dibangun.

Hal ini disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Setda Papua,  Doren Wakerkwa di Jayapura, kemarin, menanggapi penolakan relokasi sejumlah warga terdampak bencana alam yang menewaskan ratusan korban jiwa tersebut.

Caption Foto : Asisten Bidang Pemerintahan Setda Papua,  Doren Wakerkwa, saat memberikan keterangan pers.(Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

Doren kepada pers tak menanggapi soal penolakan relokasi warga terdampak bencana, hanya menurut dia, proses itu butuh waktu dan proses yang panjang.

“Soal relokasi ini kan kita menempatkan warga di tempat baru, pasti sudah ada kelengkapanya. Kan tidak mungkin kita belum bangun rumah lalu suruh masyarakat datang. Yang pasti kita bangun dulu rumah termasuk kelengkapannya, seperti fasilitas air dan listrik serta sekolah maupun tempat beribadah.

“Semua kita bereskan dulu baru warga kita dorong relokasi kesana. Namun yang pasti ada tahapan-tahapan yang akan kita lalui,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mendorong relokasi terhadap seluruh korban bencana alam banjir bandang, Sentani, Kabupaten Jayapura, ke ruas jalan Jayapura -Wamena.

Kendati belum ada detail pasti, wacana ini sudah digaungkan Gubernur Papua Lukas Enembe, sebagai langkah antisipasi untuk memastikan para korban selamat tak mengalami bencana serupa.

Rencana ini pun disambut baik sejumlah bupati usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Enembe.

 

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda sependapat dengan keputusan gubernur merelokasi warga korban bencana. Sebab menurut dia, tempat tinggal warga sebelumnya berpotensi tidak aman untuk ditinggali.

Senada disampaikan Bupati Yahukimo, Abock Busup. Pihaknya pun siap membantu merelokasi warga Yahukimo yang terdampak bencana di Kabupaten Jayapura. “Relokasi ini program Gubernur sehingga kita siap memberikan dukungan penuh supaya masyarakat bisa mendapatkan hunian yang lebih aman,” ucapnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here